Gelar Pameran UMKM untuk Tingkatkan Kualitas dan Produktifitas

Dalam rangka memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, produk dan kemampuan dalam pemenuhan permintaan pasar, digelar Pameran Produk UMKM dan Line Dance Competition serta Festival Barista Kopi.

Gelar pameran yang berlangsung di New Sari Utama Jember, itu diharapkan dapat menjadi ajang kreatifitas, produktifitas, inovasi serta pengenalan produk dan penjajagan peluang pasar. “Tujuan dilaksanakannya ini adalah untuk memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, produk dan kemampuan dalam pemenuhan permintaan pasar,” jelas Ir Hj Iriana, Panitia Penyelenggara yang juga Pimpinan Rolla Batik Jember, Rabu (27/9/2017).

Sementara itu, Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief sebelum meninjau pameran UMKM dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya gelar pameran produk UMKM. Dari pameran ini diharapkan terbangun citra positif atas produk-produk UMKM yang ada di Kabupaten Jember.

“Penyelenggaraan pameran ini juga merupakan ajang silaturrahim antara pelaku usaha UMKM serta stakeholder, sehingga masyarakat luas dapat mengenal produk unggulan Kabupaten Jember,” ujar Wabup Muqit Arief.

Kepada seluruh peserta yang ikut dalam gelar pameran produk ini, wabup berharap, tidak hanya mengenalkan produk yang diproduksi, tetapi juga belajar dari outlet lainnya yang sudah maju.

Dikatakan, Kabupaten Jember yang dikenal dengan handycraft dan cerutunya di tingkat internasional, bisa memanfaatkan warung berjaringan untuk mengenalkan produk yang dihasilkan sekaligus memperluas pangsa pasarnya.

Kepada warung berjaringan yang sudah ada, seperti Indomart dan Alfamart diharapkan juga dapat mengakomodir produk lokal Jember. “Dan ini merupakan usaha yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jember,” tandasnya.

Demikian juga kepada para pelaku UMKM, diminta untuk bekerja lebih keras dan dapat menemukan terobosan serta inovasi yang lebih kreatif menghadapi AEC (Asean Economy Community). Lebih dari itu, para peserta juga diminta untuk saling sharing pengetahuan.

“Dengan kualitas dan desain yang baik maka akan memberikan nilai tambah ekonomi serta menciptakan daya saing yang kuat,” imbuh Wabup Muqit Arief. (Ind/Izza)

No Response

Comments are closed.