Guru yang Mendidik untuk Memiliki Kepedulian

Menyiapkan kepala sekolah dan guru untuk mendidik generasi yang memiliki kepedulian dan rasa cinta kepada kaum miskin sangat penting.

Hal ini disampaikan Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., saat Gebyar Milad ke-10 SMPN 14 Jember, Minggu (13/5/2018), yang mengusung tema “Mengukir Prestasi dalam 10 Tahun Mengabdi”.

“Membangun generasi yang kuat dengan kesetiakawanan, yang membangun generasi yang peduli, generasi yang cinta kepada kaum dhuafa itu lebih penting dari yang lain-lainnya,” ungkap bupati.

Bupati tidak menginginkan seorang kepala sekolah dan guru yang hanya sukses menyelesaikan tantangan kurikulum pendidikan, sementara murid tidak memiliki kepedulian dan rasa cinta kepada kaum miskin.

Kepada orang tua siswa yang datang di acara tersebut, bupati berpesan agar terus mendidik anak-anaknya menjadi generasi yang peduli, generasi yang hormat kepada guru, generasi yang hormat kepada orang tua agar menjadi generasi yang selamat di dunia dan di akhirat.

Bupati juga mengingatkan para guru dan tenaga pendidik tentang hak-hak anak untuk tetap bisa gembira, meski menjalani sebagian besar waktunya di sekolah untuk menuntut ilmu.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan program pemerintah yang akan memberikan satu guru ngaji bagi sekolah umum negeri. Program lain yang disampaikan yakni beasiswa bagi masyarakat miskin.

“Sebelum lulus pun boleh mengajukan beasiswa, sehingga ketika lulus untuk melanjutkan kuliah sudah ada kepastian biaya,” terangnya.

Tahun ini, lanjut bupati, ada program perbaikan seribu ruang kelas. Pemerintah sudah menganggarkan dana yang cukup. Karena itu tidak perlu ada pungutan lain-lain.

Apabila ada orang tua yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan sekolah, bupati menyarankan agar orang tua membentuk Unit Pelaksana Zakat (UPZ) Baznas.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 14 Totok Endri Lestari dalam pidatonya menyampaikan ucapan terima kasih telah mendapatkan bantuan komputer untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

“Dan tahun ini, kami siap menerima siswa baru dengan tanpa biaya alias gratis.. tis.. tis… tis.. tis…,” ucapnya disambut tawa ratusan wali murid dan siswa yang baru saja mengikuti jalan santai Gebyar Milad ke-10 SMPN 14. (*f2)

No Response

Leave a reply "Guru yang Mendidik untuk Memiliki Kepedulian"