Jember Kota Pandhalungan

Hadiri Rakercab PDI-P, Bupati Tekankan Pengamalan Pancasila

Rapat kerja cabang (Rakercab) PDI-P Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Jember siang tadi, Sabtu (4/6/2016), selain dihadiri Pimpinan cabang dan seluruh kader partai, juga dihadiri Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., dan Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief. Pada kesempatan ini Bupati berpesan tentang pentingnya pengamalan Pancasila, pasalnya dalam kehidupan sehari-hari semakin banyak mengalami degradasi pengamalan.

Pancasila mempunyai kedudukan sebagai ideologi dan dasar negara sekaligus sebagai pandangan hidup seluruh Rakyat Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang memiliki nilai-nilai yang luhur yang patut untuk diamalkan oleh seluruh bangsa Indonesia. Sebagai dasar dan ideologi negara, Pancasila memiliki nilai-nilai antara lain, nilai ideologi, yaitu pandangan dan sikap hidup.

Nilai politik, yaitu nilai kenegaraan, nilai ekonomi, yaitu perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas-asas kekeluargaan. Nilai sosial, nilai kebudayaan juga.

Sementara itu, Ketua DPC PDI-P Jember, Tabroni Aryaduta menjelaskan bahwa Rakercab tersebut diselenggarakan dalam rangka meneruskan informasi keputusan dan hasil musyawarah kerja nasional dan sekaligus memperingati lahirnya Pancasila.

“Selain untuk mesosialisasikan hasil rapat kerja nasional yang dilaksanakan di Jakarta kemarin, berkaitan dengan pergantian pimpinan acara ini juga kaminselenggarakan sebagai pemantapan penhamalan Pancasila dalam memperingati hari lahirnya,” ujarnya dihadapan ratusan kader partai moncong putih di gedung GOW Patrang.

Khusus untuk wilayah kabupaten Jember, Tabroni berharap proses pembangunan yang berkelanjutan dan berpihak kepada rakyat. Hal ini juga menjadi salah satu contoh pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan didalam pemerintahan.

Sementara itu Andri Wirasadi selaku perwakilan dari DPP PDI yang turut hadir pada acara, menegaskan kepada seluruh kader partai untuk tidak mencari sebuah keuntungan saja.

“Diluar itu juga mempertimbangkan perjuangan rakyat serta melakukan pendidikan terhadap kader-kader baru terutama dalam berkomunikasi, karena didalam partai politik komuniksi sangat penting yang merupakan bentuk perubahan serta memajukan partai itu sendiri,” tegasnya.

Pihaknya juga berpesan kepada kader partai terkait hari lahir Pancasila, tidak jauh beda dengan pesan moral dari Bupati Jember dan Ketua DPC PDI-P Jember, bahwa Pancasila lah yang memperkuat negara.

Untuk itu harus bisa mengimplementsikan di kehidupan sehari-hari bukan hanya dalam penyelenggra negara karena butir-butir di dalam Pancasila tersebut mengandung pesan moral yang dapat kita ambil. (Zikin)

No Response

Leave a reply "Hadiri Rakercab PDI-P, Bupati Tekankan Pengamalan Pancasila"