Hafal Satu Juz Al Qur’an Dapat Prioritas Beasiswa

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., memberikan prioritas bagi santri di Jember yang hafal Al Qur’an untuk mendapatkan beasiswa.

Kabar gembira itu disampaikan Bupati dalam Manaqib Akbar dan Doa Bersama di Alun-alun Jember, Selasa malam (21/11/2017).

“Siapa yang hafal satu juz saja menjadi pertimbangan tersendiri dan pertimbangan khusus untuk mendapatkan beasiswa APBD Kabupaten Jember,” tutur Bupati di hadapan ribuan jamaah.

Selain beasiswa, Bupati menyatakan para santri tersebut bisa memilih sekolah yang diinginkan.

Perhatian Bupati terhadap santri juga diungkapkan dengan rencana pembangunan pusat kesehatan pesantren. Pusat kesehatan ini dibangun di pesantren yang memiliki santri lebih 500. “Agar kesehatan santri terjaga lebih baik,” ujar Bupati berlatar belakang dokter ini.

Bahkan Bupati mengungkapkan rencana pemberian bantuan perbaikan fasilitas sanitasi dan tempat wudlu di pesantren-pesantren.

“Karena pondok pesantren harus jadi contoh dan teladan menjadi tempat belajar yang bersih dan sehat, menjadi tempat beribadah bersih dan sehat,” ujar Bupati.

Manaqib Akbar dan Doa Bersama di Alun-alun Jember digelar untuk memperingati haul Syekh Abdul Qodir Al-Jaelaniy dan untuk keselamatan bangsa dan negara.

“Dengan manaqib kita berharap Jember mendapat berkah syekh Abdul Qodir Al-Jaelaniy dan syafaat Nabi Muhammad,” harap Bupati yang didampingi suami tercinta, dr Rochim.

Kegiatan yang terbuka untuk umum ini kerjasama Pemerintah Kabupaten Jember dengan Pondok Pesantren Al Qodiri. Manaqib dan doa dipimpin langsung oleh KH. Achmad Muzakki Syah.

Dalam momen religius ini juga diwarnai rasa bangga santri Jember. Sebab, sejumlah santri mendapatkan penghargaan. Mereka ini telah menunjukkan kiprahnya.

Para santri itu diantaranya telah berprestasi dalam ajang internasional. Seperti Izza Nur Layla yang menyandang santri berprestasi dalam ajang “Santri of The Year 2017”. Penghargaan diterima oleh sang ayah karena Izza tidak bisa hadir.

Tiga belas pemenang Musabaqoh Tilawatul Qur’an tingkat Jawa Timur tahun 2017 yang digelar di Pasuruan juga mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Jember. (*f2/mutia/izza).

No Response

Comments are closed.