Harus Tetap Semangat Menjaga dan Merawat Pohon

Bupati Jember dr Hj. Faida, MMR berharap masyarakat tetap semangat dalam menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam. Semangat itu untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

“Biasanya semangat waktu menanam dan memanen, tapi kurang semangat menjaga dan merawat,” ujar Bupati ketika penghijauan di Desa Seputih Kecamatan Mayang, Kamis (23/2/2017).

Menanam pohon merupakan perjuangan. Demikian juga menjaga dan merawat pohon. “Apa yang diperjuangkan hari ini, menjaga bersama untuk manfaat semuanya dan masa depan yang akan datang,” tuturnya.

Penghijauan dilakukan oleh Kodim 0824 Jember di Desa Seputih Kecamatan Mayang, bertujuan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Gerakan menanam pohon tersebut dilakukan di seluruh wilayah Korem 083 / Baladhika Jaya. Sejumlah instansi pemerintah maupun swasta ikut dalam gerakan itu, sepeti Polres Jember, Perhutani KPH Jember, BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehetan, Bank Indonesia Jember, serta sejumlah bank lainnya.

Administartur Perum Perhutani KPH Jember Johan Suryo Putro S. Hut, MM, menyampaikan lahan yang ditanami sebelumnya kosong. “Sebenarnya tanah di Desa Seputih cocok ditanami jati,” jelasnya dalam sambutan.

Lahan yang menjadi obyek penghijauan seluas 4,9 hektar. Bekerjasama dengan masyarakat sekitar, seperti Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), tanaman yang dipilih adalah sengon.

Dijelaskannya, pemilihan sengon tersebut karena masyarakat ingin segera menikmati hasil. Pembagian hasil yakni 25 persen bersih untuk masyarakat dan 75 persen untuk Perhutani.

Selain nilai ekonomi, pohon yang ditanam memiliki fungsi menyediakan oksigen. Satu pohon mampu memberikan oksigen bagi dua orang manusia. (Mutia, *f2)

No Response

Leave a reply "Harus Tetap Semangat Menjaga dan Merawat Pohon"