HDI, Dispendukcapil Berikan Layanan Lapangan di Alun-Alun Jember

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemerintah Kabupaten Jember menggelar pelayanan lapangan (on the spot) di Alun-alun Jember.

Pelayanan ini sebagai bagian peringatan Hari Disabilitas Internasional 2016 yang dipusatkan di Kabupaten Jember, 2 -3 Desember 2016.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Rudati Sugiarti menyampaikan pelayanan yang diberikan yakni perekaman KTP, pemberian surat keterangan perekaman, akte kelahiran, akte kematian, akte pernikahan, dan akte perceraian.

“Rencananya hari ini jam 10.00 kita melakukan perkawinan, perkawinan non muslim,” ujar Rudati Sugiarti di Alun alun Jember, Sabtu (3/12/2016).

Dijelaskan, pada hari pertama, Jumat (2/12/2016) perekaman KTP-El (KTP Elektronik) berjumlah 40, cetak surat keterangan perekaman sebanyak 30, KK sebanyak 25, dan akte sebanyak 25.

“Semoga pada hari ini lebih banyak lagi,” ujar Rudati Sugiarti. “Harapan kami membludak di sini, karena kami ingin semua penduduk tertib administrasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut sudah Rudati Sugiarti menjelaskan, sampai saat ini terdapat 160 ribuan penduduk yang belum melakukan perekaman KTP El. Jumlah ini menurun dari sebelumnya yang mencapai 258 ribuan.

Terrkait dengan jumlah penduduk yang belum melakukan perekaman tersebut, Dispendukcapil meminta kepada Camat, Lurahan, dan Kepala Desa untuk melakukan pendataan ulang.

Sebab, masih kata Rudati, ada penduduk yang telah meninggal tapi belum dilaporkan. Hal ini yang menyebabkan jumlah penduduk yang belum perekaman KTP-El tampak banyak. (*F2)

No Response

Leave a reply "HDI, Dispendukcapil Berikan Layanan Lapangan di Alun-Alun Jember"