Hemat Energi, Cipta Karya Ganti Lampu PJU

Pemerintah Kabupaten Jember turut serta dalam menghemat energi dan menghemat anggaran. Untuk itu di lakukan upaya penggantian lampu yang awalnya Sodium 250 W menjadi lampu LED 90 W. Upaya tersebut juga seiring sejalan dengan adanya bantuan Lampu Hemat Energi (LED) dari Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tahun 2016 (Retrovit).

“Upaya penghematan energi dan penghematan biaya untuk PJU, maka lampu-lampu PJU sebagian telah selesai terpasang di lokasi.” Tutur Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, Drs Heri Widodo.

Lampu-lampu tersebut telah terpasang di berbagai tempat yaitu seputar alun-alun sebanyak 31 buah, Jl. Syamanhudi dan Jl. Dr. Wahidin sebanyak 16 buah, Jl. Gajah Mada sampai dengan Jl. Sultan Agung sebanyak 52 buah.

Jl. Cokro Aminoto 10 buah, Jl. Kartini 18 buah, Jl. Bengawan Solo 16 buah, Jl. Trunojoyo 23 buah, Jl. Hayam Wuruk 60 buah, Jl. Gatot Subroto 13 buah, Perempatan Gladak Kembar 2 buah, belakang Matahari 5 buah dan Perempatan Polres 4 buah dengan jumlah keseluruhan sebanyak 250 buah lampu LED.

Pemasangan lampu LED ini merupakan dana hibah dari Kementrian ESDM tanpa syarat, hanya di perlukan dengan diantaranya memiliki titik untuk pemasangan lampu juga penyediaan tiang lampu dari PJU.

Di jelaskan oleh Sofyan selaku Kasi PJU bahwa dalam pemasangan ini di gunakan bantuan kendaraan operasional untuk pemasangan lampu. Dimana pemasangan lampu LED secara umum di harapkan dapat mengurangi biaya rekening PJU tanpa harus mengurangi penerangan jalan.

Rampung pada tahun anggaran 2016 bulan Desember akhir, kurang lebih telah terpasang di 12 titik yang di tentukan, penggantian ini di lakukan di seluruh Kabupaten Kota se-Indonesia dan salah satunya Jember.

Harapan dari Plt. Heri selaku Plt. Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya yaitu dengan terbatasnya titik yang telah di tetapkan saat ini. “mungkin jika ada hal semacam ini dapat di arahkan pada daerah lain di luar 12 titik ini, juga di jalan segitiga emas kota Jember atau 3 Kecamatan Kota Jember,” imbuhnya.

Di sisi lain ditambahkan oleh Sofyan bahwa lampu LED warna putih membuat kesan lebih dingin dan tidak silau secara kasat mata, juga menampakkan warna asli dan juga kesan keindahan. Lampu sodium yang masih mengeluarkan gas namun tidak dengan lampu LED sehingga dapat mengurangi global warming, Kementrian ESDM juga terus berupaya dan akan terus di kembangkan untuk lampu hemat energi,

“Pemasangan lampu LED yang sedang booming dan baru, dalam penanganan kami masih belajar, jika ada bantuan dari Pemerintah kami siap merespon dengan baik demi Jember yang lebih baik,” jelasnya. (Izza)

Unduh

  1. Layout Lampu Sekitar Alun Alun

  2. Data Lokasi Pemasangan Lampu Hemat Energi

No Response

Leave a reply "Hemat Energi, Cipta Karya Ganti Lampu PJU"