Jember Kota Pandhalungan

HIPMI Promokan Wisata Kuliner Jember

Ngobrol santai dan makan siang BPC HIPMI Jember bersama Wakil Bupati Jember Drs. Kh. A. Muqit Arief yang berlangsung di rumah makan “Rumah Bunda” Jl. Kh. Shiddiq No.102 Jember, Kamis siang (8/9/2016), berlangsung penuh keakraban.

Acara tersebut sengaja digelar guna mempromosikan destinasi baru wisata kuliner di Jember. Banyak sekali aneka kuliner yang layak dikunjungi di Jember, namun nyaris masih belum diketahui masyarakat luas. Untuk itu HIPMI sebagai pioner pengusaha muda, mulai mempromokan berbagai wisata kuliner lokal Jember.

Nampak hadir pada acara tersebut selain Wabup, Drs. Kh. A. Muqit Arief, juga beberapa pejabat eselon II dan III, seperti dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Kantor Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Koprasi, Humas Pemkab Jember, beserta anggota HIPMI.

Wisata kuliner di Jember yang di buat, bukan hanya penampilan yang unik tapi juga dengan pertimbangan rasa yang tidak biasa. Untuk acara kali ini, Wabup Jember di kenalkan dengan kuliner baru khas Jember yaitu “Soto Degan Jamur” yang dimana soto di olah dengan campuran degan dengan soto. Bahan soto sendiri di buat dengan bahan yang merupakan produk lokal Jember berupa jamur dan beberapa bahan lainnya, pembuatan soto ini merupakan campuran soto dengan degan yang dimana campuran kuah soto campuran dari 50% air biasa dan 50% air degan untuk menetralkan rasa dan juga untuk menumbuhkan rasa santan walaupun tidak bersantan. Daging yang juga termasuk isi dari soto adalah daging ayam pilihan , jeruan, dan tidak ketinggalan isi degan juga menjadi bagian dari soto yang dimana kaldu tidak mengandung kadar kolesterol yang telah di uji oleh dokter. Sebelum di hidangkan wadah dari degan yang di potong sendiri oleh karyawan wanitanya setelah isi dari degan di pisahkan kumudian rempah-rempah bumbu soto di masukkan kedalamnya yang kemudian soto juga di masukkan dan di hangatkan beserta wadah degannya waktu beberapa menit kemudia soto siap di hidangkan dengan nasi terpisah. Wabup beserta undangan yang hadir menikmati unik dan bedanya soto degan jamur ini dan tidak ketinggalan untuk minumnya yaitu es degan.

Wabup Jember yang sudah lama penasaran dengan soto degan ini. Menurut pandangan Wabup, dunia kuliner adalah dunia yang sangat perspektif karena apapun yang terjadi orang pasti makan oleh karena itu dengan maraknya wisata kuliner di Kabupaten Jember ini selain akan menambahkan image positif bahwa Jember itu cocok untuk wisata kuliner tapi ini merupakan tantangan tersendiri karena kompetisi tidak bisa di hindari oleh karena itu sesuatu yang spesifik menjadi daya tarik tersendiri. Wabup sendiri awalnya menyangka soto degan ini hanya wadahnya saja berupa degan, “tapi ternyata aromanya beda dan taste juga beda.” Ujarnya. Dari pemerintah Kabupaten Jember sendiri untuk hal-hal yang konkrit saja mungkin nanti di bantu untuk hak paten sehingga ini betul-betul menjadi kekayaan Jember dalam bidang kuliner. Wabup yang senang kepada pemuda yang berkreasi.

HIPMI jember sendiri mendorong pengusaha-pengusaha muda dalam bidang kuliner untuk bisa lebih maju bisa lebih mengembangkan di jember.

Dalam acara ini juga ada berbagai macam usaha dari HIPMI salah satunya air minum Ampo yang bermerek HIPMI, dan banyak usaha lainnya uang terkumpul di dalam HIPMI. Tahun depan HIPMI akan menargetkan pengusaha muda lebih banyak lagi. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "HIPMI Promokan Wisata Kuliner Jember"