HUT Pramuka, Wabup Hadiri Gelar Budaya Pandhalungan

Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief hadir dalam acara gelar budaya daerah Jember Pandhalungan, dan lomba prestasi Pramuka Penegak Kabupaten Jember pada rangkaian acara HUT Pramuka ke-56 tahun 2017, yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jember, di lapangan Buper Pusdiklatcab Jember, Rabu (13/9/2017).

Wabup yang juga menjadi Irup upacara siang tadi, turut menyerahkan sejumlah penghargaan kepada anggota Pramuka yang berprestasi, diantaranya tanda penghargaan orang dewasa atau Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka (TPGP), Tiska Rainas dan Pramuka Garuda.

Dihadapan 800 peserta lebih dari tingkat SLTA se-Kabupaten Jember, Wabup Kyai Muqit membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada peringatan hari Pramuka ke 56 tahun 2017.

Selainmenyampaikan ucapan selamat di hari Pramuka ke-56 kepada seluruh anggota gerakan Pramuka, juga diterangkan bahwa pendidikan kepramukaan yang berdasarkan pada satya dan dharma pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati sebagai pedoman bersikap dan berperilaku.

Gerakan kepanduan sebagai cikal bakal gerakan pramuka telah ada sejak 1912 pada jaman penjajahan belanda yang 150 tahun telah eksis di Indonesia. Gerakan Pramuka merupakan gerakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan untuk dapat menjadi perekat bangsa.

“Pesan Bung Karno ketika itu berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita baik mahasiswa yang di kota maupun pengembala kerbau di desa dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan aku pramuka Indonesia.” Tuturnya.

Tema HUT ke-56 Pramuka saat ini berisikan “bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa”. Dalam gerakan pramuka inilah tidak ada sekat sekat politik, daerah, agama dan terlebur menjadi kebhinekaan yang indah. Untuk itu di himbau kepada publik secara luas agar tidak ragu memberikan kesempatan kepada pemuda putra putri untuk mengikuti gerakan pramuka di gugus depan masing-masing.

Selaku Wakil Ketua Muspicab yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Jember, Wabup Kyai Muqit berpesan untuk berhati-hati cermat dan tertib dengan apa yang telah menjadi ketentuan bersama serta ikuti kegiatan dengan baik.

Di lain sisi Wabup menyampaikan khusus untuk negara Indonesia, tidak bisa rahasiakan lagi banyak hal yang menggoyahkan NKRI, maka gerakan Pramuka ini merupakan garda yang sangat potensial. Karena dari struktur keorganisasian dari pusat hingga ke daerah dari kota sampai desa, diharapkan bagaimana gerakan Pramuka ini menjadi salah satu pereikat dan menjaga keutuhan NKRI. (Izza)

No Response

Comments are closed.