Jember Kota Pandhalungan

IDI Siap Dukung Program Kerja Bupati

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menegaskan bakal mendukung penuh semua program kerja Bupati demi kemajuan Jember kedepan. Hal ini disampaikan IDI pada halal bi halal IDI dan IIDI (Ikatan Istri Dokter Indonesia) Cabang Jember bersama Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR dengan tema Sinergitas kegiatan IDI Cabang Jember dalam mendukung program kerja Bupati Menuju Jember Bersatu, pada hari sabtu siang (30/7/2016) di Pendapa Wahya Wibawa Graha.

Nampak hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Bambang Suwartono MM, Direktur RSUD dr. Soebandi, dan tamu undangan lain. Ketua IDI Cabang Jember, dr. Hendro Soelistijono, MM.,MARS., dalam talk show menyampaikan sinergitas program kerja IDI tahun 2016 dalam mendukung 22 program kerja Bupati Jember yaitu Program Peduli IDI 2016 di antaranya IDI Peduli Duafa, IDI Peduli Bencana, IDI Peduli Akses Yankes, IDI Eliminasi TB, IDI peduli AKI/AKB, IDI Peduli Mutu Yankes.

Program Peduli IDI 2016 diantaranya adalah yang pertama IDI peduli duafa, mendukung program kerja Bupati ke- 13, pendekatkan akses pelayanan kesehatan pada orang yang kurang beruntung pelayanan kesehatan Masyarakat T4, dan jompo di LIPOSOS.

Pelayanan kesehatan narapidana di Lapas Jember. Baksos pada anak yatim piatu dan Duafa. Bantuan alat sholat.

Kedua, IDI peduli bencana yaitu, sesuai program kerja Bupati ke-14 pemanfaatan ketersediaan Ambulan tiap desa, pelatihan dan pembentukan tim reaksi cepat penanggulangan bencana dan tim penanganan bencana secara komprehensip. Mendukung pemanfaatan ambulan desa dengan sistem Informasi Terpadu. Pelatihan BLS untuk awam.

Yang ketiga adalah IDI peduli akses Yankes yakni mendukung program kerja Bupati ke-14. Tersedianya 3 dokter di Puskesmas melalui Rekomendasi IDI untuk dokter Internsip di puskesmas dengan 1 dokter. Pemanfaatan IT untuk proses admisi Cepat rujukan antar faskes.

Yang keempat adalah IDI peduli eliminasi TB adalah esistensi obat TB semakin meningkat. Kasus MDR meningkat. Pelatihan TB DOTS unt dokter. Pembentukan kecamatatakan binaan IDI untuk penatalaksanaan TB sesuai standar.

Dan yang kelima IDI Peduli AKI/AKB yakni penyebab kematian tertinggi ibu adalah (preventable), eklamsia, HPP. Pelatihan Eklamsia dan HPP unt dokter umum. Peningkatan kewaspadaan Dini dengan meningkatkan peran kader Posyandu sebagai pembina PUS, pendamping Bumil.

Serta keenam adalah IDI Peduli Mutu Yankes, dimana pelatihan dan pendampingan Akreditasi Klinik dan Dokter praktek mandiri. Workshop akreditasi fasilitas kesehatan swasta. Workshop keselamatan pasien. Workshop manajemen resiko. Workshop Peningkatan mutu faskes.

Sementara itu respon positif disampaikan Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., Bupati bersyukur dapat hadir dalam acara tersebut dengan keadaan yang baik sehingga sinergitas antara IDI dengan Pemkab semakin cepat terwujud.

Bupati juga menyampaikan pihaknya siap menghibahkan kendaraan ambulan RSBS. “Saya pikir ambulan yang jelek di Bina Sehat itu masih bisa di rombak-rombak di bedah pasti bisa menolong lebih banyak orang, aset-aset ini di hibahkan ke pelosok-pelosok InshaAllah masih lebih bermanfaat.” Tuturnya.

Sebagian janji itu yang bisa membantu adalah IDI dan IIDI jika tidak di bantu makan akan sulit di penuhi, sejatinya IDI dan IIDI sangat bisa membantu suksesnya pembangunan kabupaten Jember.

Selanjutnya untuk lebih menghangatkan suasana Bupati bersama beberapa dokter menyanyikan sebuah lagu sekuntum mawar merah. Yang di lanjutkan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah oleh Bupati jember dan penyerahan cinderamata dari ketua IDI kepada Bupati Jember. (Izza, Mutia)

No Response

Leave a reply "IDI Siap Dukung Program Kerja Bupati"