Download Logo HUT RI 72

IDI Siap Dukung Semua Program Kesehatan Pemkab Jember

HUT RI 72

Audiensi penyampaian program IDI (Ikatan Dokter Indonesia) cabang Jember dengan Pemerintahan Kabupaten Jember dan Universitas Jember digelar siang tadi, Jumat (31/3/2017) di Pemkab Jember.

Pada audiensi tersebut IDI menyampaikan sejumlah hal, yang antara lain tentang program aplikasi FAI (Fokus Anak Dan Ibu), dan program pelatihan Basic Life Support untuk guru. Nampak hadir pada audiensi Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., dan Kepala OPD terkait.

Dr. Hendro Soelistijono, MM., M.ARS., Ketua IDI Cabang Jember menyampaikan paparan kepada Bupati Jember dengan latar belakang mengimplementsikan kegiatan IDI khususnya mendukung Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Jember, dengan kegiatan yang perlu dikoordinasikan. Seperti Lomba E-Healt aplikasi FAI (Fokus Anak Dan Ibu), dokter asuh, pelatihan BLS untuk Guru, Polisi, orang awam, dan pelatihan pengurus IDI Cabang Jember Periode 2016-2017.

Aplikasi Android FAI dengan tujuan umum menjaga agar setiap Kehamilan dipastikan aman dan setiap bayi yang dilahirkan selamat dengan pemantauan dan penanganan yang komprehensif oleh semua pihak dengan aplikasi “FAI” berbasis Android untuk mempermudah koordinasi.

Fokus anak dan ibu FAI aplikasi nya bisa di Download di play store, didalam aplikasi ini berisi pengetahuan tentang Kehamilan, Nifas maupun Pengetahuan Pra kehamilan, target pengguna tiap tahunnya 40.000 ribu, Masih baru perkecamatan nanti akan di ubah perpuskesmas, juga bisa dilihat update lokasi ibu hamil, dan bisa melihat tempat praktek terdekat bidan dengan Ibu hamil.

Masyarakat lain bisa mendaftarkan ibu hamil yang belum terdaftar, peran kepala dokter yang membagi habis dokter yang ada diwilayahnya, peran pengguna kepala desa bisa mengetahui letak ibu hamil yang beresiko tinggi dan bisa mendaftarkan di aplikasi ini. Dengan fitur FAI diantaranya, Rekam medis dan data ibu hamil, rekam petugas medis, rencana rujukan, dan fasilitas kesehatan.

Sementara itu, Dr. Suryono SpJP(K) FIHA Dewan Pakar IDI cabang Jember menyampaikan paparannya juga terkait Pelatihan Basic Life Support (BLS) untuk guru dikabupaten Jember, dengan tujuan menurunkan kematian dan kecacatan akibat salah tolong, meningkatkan keterampilan penanganan BLS oleh masyarakat terutama guru dan lainnya.

Dengan sasaran yang pesertanya diperkirakan 3500 orang meliputi, utamanya guru, TNI, Polri, PNS, sopir ambulance, sopir angkot, tukang becak, relawan bencana, dan masyarakat peduli kesehatan Jember. Dengan pelaksana kegiatan, IDI bekerjasama Dengan Pemerintah Kabupaten Jember, organisasi profesi lain, Perki Cabang Surabaya, Rumah sakit Sekabupaten Jember, Polres Dan pemerhati Kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., menyampaikan arahnya terkait program tersebut yang diharapkan mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dikabupaten Jember.

“Program ini harus Fokus pada misi service center, kuat kepada tujuan bukan suasana apalagi perasaan, tujuan mengapa program ini perlu dan mengapa program ini penting, intinya harus disupport tenaga medis non medis yang terbagi rata untuk masyarakat Jember.” tutur Bupati. (Mutia)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "IDI Siap Dukung Semua Program Kesehatan Pemkab Jember"