Ikrar Pertahankan Pancasila di Hari Kesaktian Pancasila

Dalam rangka mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, hari Minggu, 1 Oktober 2017, digelar upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (HKP) Kali ini mengambil tema, “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Yang adil dan Makmur”.

Upacara peringatan HKP yang berlangsung di alun-alun kota Jember dan dipimpin Wabup Jember, Drs. KH. Muqit Arief, itu berlangsung khidmat. Peserta yang mengikuti upacara, selain berasal dari kalangan pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Jember, juga siswa siswi, serta tokoh masyarakat.

Dalam upacara itu, juga dibacakan sambutan Wakil Ketua DPR RI oleh Ketua DPRD Kabupaten Jember.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesakitan Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan, demi keutuhan NKRI,” demikian sambutan Wakil Ketua DPR RI, H. Fahri Hamzah. SE, yang dibacakan Ketua DPRD Kabupaten Jember, Thoif Zamrony.

Thoif mengatakan, bahwa sejak proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia mendapat banyak rongrongan. Baik yang berasal dari luar maupun dalam negeri.

Ancaman ini dimungkinkan terjadi karena kelengahan dan kurangnya kewaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Namun, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap berdiri tegak dan kokoh.(*f2/Mutia, Red. Indra GM)

No Response

Comments are closed.