Jadikan Jambore Sebagai Program Utama untuk Kesatuan dan Persatuan

Diikuti tidak kurang dari 624 peserta dengan pendamping sebanyak 62 regu dari tingkat penggalang yang ada di SD, Dinas Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Jember, menggelar kegiatan Jambore Cabang. Kegiatan yang berlangsung di lapangan Cadika Jember, diharapkan menjadi embrio untuk kegiatan yang lebih besar di kemudian hari.

“Kegiatan Jambore ini, salah satu upaya menghindarkan anak-anak dari pergaulan yang tidak menguntungkan atau tidak produktif,” ujar Dedi M Nurahmadi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Jember.

Sebagai media yang baik, murah dan efektif, menurut Dedi, Pramuka bisa dimanfaatkan untuk membentuk dan membina mental anak-anak muda. Karena itu, melalui Pramuka, Dispora menjadikan kegiatan Jambore Cabang sebagai programa utama dalam rangka ikut kesatuan dan persatuan bangsa. “Bagi institusi kami yang baru statusnya naik menjadi dinas, merupakan program utama menyelamatkan kesatuan dan persatuan, kegiatan-kegiatan leluhur, budaya gotong royong serta budaya kemandirian,” paparnya.

Jambore ini merupakan momentum untuk kami dalam meningkatkan berbagai kegiatan, termasuk kepramukaan. Dan jambore pramuka ini akan ditindaklanjuti dengan kegiatan lain, baik penggalang tingkat SD, penggalang tingkat SMP maupun penegak dan pandega.

“Kita berupaya semaksimal mungkin dalam program yang kita buat untuk menyelamatkan anak bangsa sebagai generasi penerus kita, dan itu yang menjadi dasar kegiatan jambore ini,” terang Dedi.

Sementara itu, untuk materi yang diberikan kepada peserta Jambore Cabang yang digelar kali ini, antara lain, materi khusus untuk penegak dan pandega. Materi untuk penegak dan pendega ini, berbeda dengan yang diberikan kepada peserta jambore di tingkat penggalang.

Hanya saja, selain materi yang sudah disiapkan, peserta juga dituntut untuk menunjukkan kreatifitasnya dalam bentuk karya-karya mandiri dari anak-anak penegak dan pandega, serta menciptakan inovasi. Baik untuk dirinya, maupun Pramuka dan Kabupaten Jember.

“Pramuka harus ada jatidiri yaitu kebangsaan, gotong royong, jatidiri yang tercantum dalam Pancasila,” tandas Dedi, dalam acara pembukaan acara Jambore Cabang Jember, di lapangan Cadika Jember, Senin (20/11/2017). (Izza, Indra GM)

No Response

Comments are closed.