Jember Kota Pandhalungan

Jaga Kondusifitas Wilayah, Wabup Hadiri Apel Kebhinekaan Cinta Damai

Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief menghadiri apel besar Kebhinekaan Cinta Damai yang bertemakan Melalui Hikmah Hari Pahlawan ke – 71 Tahun 2016, Kita Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI yang Kokoh, Selasa pagi di Alun-alun Jember (15/11/2016).

Apel besar juga diikuti oleh segenap jajaran Forkopimda Kabupaten Jember, Pimpinan Satuan TNI Kabupaten Jember, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Jember, Ketua Nahdlautul Ulama Kabupaten Jember, Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Jember dan seluruh Ketua Organisasi Masa Keagamaan Kabupaten Jember. Pembacaan Deklarasi bersama untuk memelihara Kebhinekaan Cinta Damai diikuti seluruh peserta apel besar. Dalam kegaiatan ini Wakil Bupati Jember menyampaikan amanat bahwa apel sengaja diselenggarakan sebagai bentuk respon terhadap lingkungan strategis baik tatanan regional, nasional maupun global yang bergerak begitu cepat dan dinamis terutama yang berimplikasi kepada aspek keamanan dan ketertiban di Wilayah Jawa Timur.

Diharapkan tema ini tidak hanya menjadi slogan semata akan tetapi juga di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten dan berkelanjutan. Dan disadari bersama bahwa saat ini banyak kejadian yang ingin memperpecah belah kesatuan dan persatuan bangsa. “Maka jangan sampai terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dan ini merupakan tanggungjawab bersama sebagai warga negara sesuai dengan profesi masing-masing. Dalam rangka mencapai prikehidupan kebangsaan yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur.” Pesan Wabup.

Disamping itu juga, semangat patriotisme progresif haruslah mengembangkan ketahanan bangsa sehingga bisa mandiri dalam ekonomi berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Melalui momentum hari Pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan ini, maka terdapat hikmah yang terkandung didalamnya yaitu dengan meneladani nilai-nilai luhur yang telah di wariskan dengan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan diri serta kerja keras untuk membangun Negara Indonesia yang sejahtera sebagai mana cita-cita Pahlawan Bangsa.

Guna mencapai itu semua terdapat empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila Bhineka Tunggal Ika , UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bentuk Persatuan yang telah di tetapkan berdasar berbagai pertimbangan, Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah harga mati.

Diharapkan juga ini dapat menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara yang telah di wariskan para pejuang hingga titik darah penghabisan. Dan di sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tokoh masyarakat khususnya para kyai, kepada habait, serta seluruh peserta apel dalam upaya memelihara situasi kamtibnas yang kondusif serta tidak turut serta mengerahkan masa untuk aksi unjuk rasa ke Jakarta. Di ketahui bersama bahwa 4 November 2016 yaitu unjuk rasa yang di lakukan di Jakarta berakhir dengan ricuh, maka sebagai warga negara yang baik harus berani menolak sikap anti anarkisme guna menjaga keutuhan NKRI agar terhindar dari konflik sosial. (Izza)

No Response

Leave a reply "Jaga Kondusifitas Wilayah, Wabup Hadiri Apel Kebhinekaan Cinta Damai"