JEMBER CAR FREE DAY, KEBEBASAN RUANG GERAK MASYARAKAT

432 views

Pencanangan Jember Car Free Day (hari bebas kendaraan bermotor) yang dibakukan Pemkab Jember sejak Minggu 24 Februari 2013, menjadi sejarah tersendiri bagi masyarakat, khususnya pecinta olahraga. Mereka sangat menikmati kebebasan beraktifitas tanpa takut terganggu oleh polusi kendaraan bermotor.

Masyarakat juga dapat secara leluasa melakukan aktifitas olahraga di jalanan seperti bersepeda, skate board, senam jogging maupun futsal setiap hari Minggu mulai pukul 05.00 sampai 10.00 WIB. Berbagai elemen masyarakat menyambut antusias adanya Jember Car Free Day, yang membebaskan beberapa ruas jalan, seperti Jl. Sudarman depan Pemkab Jember, Jl. Kartini, Jl. Ahmad Yani dan Jl. Sultan Agung, dari hiruk pikuk kendaraan roda empat maupun roda dua.

Salah satunya adalah Komunitas Pecinta Wisata Jember (KPWJ) dan Komunitas Marka Lintas. Kedua komunitas itu sengaja memanfaatkan launcing hari bebas kendaraan bermotor untuk menggelar sebuah kegiatan, yakni Jalan Santai Go Green mengitari Jl. Ahmad Yani, Jl. Trunojoyo, Jl. Syamanhudi dan Jl. Sultan Agung sambil melakukan bersih-bersih sampah.

KPWJ sendiri pencetus ide itu sengaja menurunkan anggotanya sebanyak 65 orang, yakni utusan dari 8 SMA negeri dan swasta di kawasan kota sambil membagikan stiker dan meneriakan yel yel Jember Yes. Menurut Ketua KPWJ, Ahmad Hisyam Mumtaz, diberlakukannya Jember Car Free Day adalah hal positif untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Bahkan mahasiswa fakultas hukum Universitas Muhammadiyah Jember itu berbendapat, KPWJ mencoba untuk mensinergikan jalan santai go green dengan hari bebas kendaraan bermotor. Dalam kegiatan jalan santai go green ini, KPWJ sengaja menggandeng Komunitas Marka Lintas yang anggotanya adalah mahasiswa dari berbagai dispilin ilmu di lingkup Universitas Jember.

No Response

Comments are closed.