Jember Kota Pandhalungan

Jember Merupakan Lumbung Padi Nasional

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, hari ini, Selasa (3/5/2016) hadiri acara petik padi sekaligus memberikan sejumlah bantuan alat pertanian di Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan.

Bupati Jember didampingi oleh Forpimda Kabupaten Jember, seperti dari jajaran Kodim 0824 dan Polres Jember.

Dalam sambutannya Bupati Jember menyampaikan kalau Jember ini mempunyai orientasi menjadi lumbung pangan dan komoditi andalan untuk sektor pertanian.

“Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Kabupaten Jember ini akan dijadikan sentra percontohan untuk swa sembada beras, kami berharap semoga panen kali ini sesuai harapan, ” tuturnya.

Dalam acara tersebut Bupati juga berkesempatan menyerahkan bantuan bibit langsung dan alat handtraktor untuk memudahkan para petani untuk bercocok tanam kembali.

Alat-alat tersebut merupakan salah satu alat pertanian canggih yang sengaja di berikan kepada para petani untuk mempermudah para petani.

Acara tersebut terselenggara oleh Kelompok Tani Rukun Warga, yang dimeriahkan oleh penampilan salah satu musik anak negeri kecamatan sekitar.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan), penyuluh dan TNI yang ikut menyukseskan program swa sembada beras di kabupaten Jember.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Jember, Ir. Harry Widjayadi, menegaskan bahwa selama ini, Jember termasuk salah satu penyumbang beras terbesar nasional. “Beras diJember, setiap tahunnya mampu memenuhi kebutuhan kabupaten dan kota lain di Indonesia,” jelasnya.

Pihaknya mentargetkan untuk padi kering giling pada tahun 2016 bisa diperoleh sebanyak 1.060.000 ton. Sehingga layak kiranya Jember dinobatkan sebagai lumbung padi nasional.

Sementara menurut Rudianto (32) warga Gemuling Ambulu yang juga ikut hadir dalam acara tersebut menuturkan kalau dirinya untuk panen tahun ini mengalami keuntungan dibandingkan tahun kemarin.

“Lumayan sih mas, dibandingkan tahun kemarin, sekarang bibit mulai dibantu, dan pupuk sudah ada kios terdekat sehingga sangat memudahkan petani, ” tegasnya.

Ditambahkannya dengan dukungan pemerintah petani semakin semangat menanam padi. “Biasanya kalau harga padi kurang bersahabat, saya beralih ke jagung sekarang saya konsentrasi padi saja,” tambahnya. (*)

No Response

Leave a reply "Jember Merupakan Lumbung Padi Nasional"