Jember Kota Pandhalungan

JEMBER PAMERKAN BENDA PURBAKALA

70 views

Pameran Purbakala3Pemkab Jember bekerjasama dengan Kantor Balai Kelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, menggelar kembali pameran Cagar Budaya . Kegiatan yang dibuka pada Kamis (21/8) tersebut akan diselenggarakan selama 3 hari kedepan.

            Plt.Kantor Pariwisata, Arif Cahyono,  dalam sambutan pembukaan pameran  di eks- BHS , mengatakan pameran ini selain bertujuan untuk melestarikan karya budaya bangsa, juga bertujuan untuk memotivasi generasi muda agar peduli terhadap budaya budaya benda-benda purbakala khususnya dan budaya Indonesia pada umumnya.

“Pameran ini selain bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa , juga bertujuan untuk menjaga sejarah asset bangsa, kelestarian cagar budaya perlu diketahui masyarakat , untuk itulah pameran ini diselenggarakan”ujarnya.

Arif juga mengatakan, bahwa pameran tersebut juga diperuntukkan bagi para pelajar, agar bisa dijadikan wisata edukasi, agar para generasi muda tersebut juga tau dan pahan akan nilai-nilai sejarah yang ada.

Kegiatan tersebut terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, tidak terbatas, baik masyarakat umum, para pelajar, maupun para pecinta sejarah. Dalam pameran tersebut terdapat banyak benda-benda peninggalan sejarah yang ada di Kota Jember.

Seperti batu kenong, menhir, sarkofagus, dolmen, arca polenesia, manic-manik, dan beragam benda prasejarah lainnya, meski dalam satu wilayah, namun benda-benda tersebut tersebar dibeberapa titik , seperti situs Doplang berada di Desa Kamal-Arjasa, Candi Deres berada di Dusun Ders, Gumukmas, dan beberapa tempat lainnya yang juga menjadi saksi sejarah benda-benda purbakala tersebut.

Beragamnya tinggalan arkeolog yang ada diwilayah Kabupaten Jember , membuka wawasan kita bahwa Jember memiliki sejarah kebudayaan yang panjang dan penting bagi perkembangan sejarah Bangsa, untuk itu semua aset sejarah tersebut patut dilestarikan, agar bisa diketahui oleh generasi – generasi selanjutnya

No Response

Comments are closed.