Jember Kota Pandhalungan

Jember Siap Dukung Jatim Jadi Propinsi Berbasis UMKM

Pemkab Jember siap mewujudkan cita-cita Pemerintah Propinsi (Pemprop) Jawa Timur (Jatim) menuju propinsi industri yang berbasis UMKM. Karena program tersebut selaras dengan berbagai program yang sudah berjalan di Pemkab Jember, seperti yang dicanangkan Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., bersama Wakil Bupati (Wabup), Drs. KH. A. Muqit Arief.

Selama ini Pemkab intens menjalankan program-program yang merakyat, termasuk membangkitkan perekonomian dengan basis UMKM. Hal tersebutlah yang membuat Jember cukup siap untuk mewujudkan cita-cita Pemprop, seperti yang dicanangkan pada peringatan hari jadi ke-71 Provinsi Jawa Timur Tahun 2016.

Tepat pada hari ini, Rabu (12/10/20016) tema yang diangkat “Dengan Semangat Kerja Nyata, Mari Kita Mantapkan Jawa Timur sebagai Provinsi Industri Berbasis UMKM”. Peringatan hari lahir Propinsi Jatim kali ini diperingati dengan upacara bersama oleh jajaran Muspida plus di alun- alun Jember.

Dalam bentuk hari jadi pemerintahan yang berbekal dari idealisme untuk mengembangkan Jawa Timur dan pengalaman hari jadi dari berbagai Pemerintah Daerah , Propinsi, Kabupaten dan kota maka dalam rangka melengkapi indentitas keberadaan Propinsi Jawa Timur yang berposisi strategis dan di rasa perlu menemukan hari jadi atau hari kelahiran.

Dengan panjangnya sejarah yang dimiliki oleh Jawa Timur dan mulai berputarnya mekanisme pemerintahan di Jawa Timur maka di terbitkan peraturan di Jawa Timur tentang hari jadi Jawa Timur dan menetapkan pada tanggal 12 Oktober 1945 sebagai hari jadi Jawa Timur dan akan di peringati secara resmi setiap tahun baik di tingkat propinsi maupun kabupaten kota di seluruh Jawa Timur.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Timur yang dibacakan Bupati Faida, mengungkapkan tentang hikmah terpenting dalam memperingati hari jadi provinsi Jawa Timur sebagai bentuk rasa syukur atas perjalanan sejarah panjang dan penuh dinamika, menuju Jatim yang sejahtera dan berkeadilan. Dengan ciri-ciri masyarakat jawa timur yang multikultural telah membentuk tatanan nilai masyarakat baik dimensi politik dalam berdemokrasi maupun dimensi social budaya ekonomi dalam menghadapi globalisasi yang saat ini Indonesia bergabung dalam berbagai regionalisasi di antaranya regionalisasi masyarakat ASEAN.

Bupati Jember selaku kepala daerah berada dalam mitra kesejajaran yang kritis dan kontruktif bersama dengan DPRD dan berbagai alat kelengkapannya dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, tradisi yang di wujudkan dengan berbagai ragam komunikasi politik yang secara regular terus mengawal pelaksanaan kebijakan pemerintahan daerah.

Sementara itu kinerja ekonomi Jatim di tengah dinamika global seperti ini mampu tumbuh 5,44 persen pada tahun 2015 dan pada tahun 2016 ini mampu tumbuh cepat 5,55 persen dimana pertumbuhan ini merupakan kontribusi nyata dari konsumsi masyarakat JAtim yang mencapai 60 persen lebih dan sebagian besar di hasilkan dari kontribusi segmen UKM yang mencapai 54,98 persen dan inilah kekuatan fundamental ekonomi saat ini.

Jawa Timur sudah menjadi petarung unggul di tahun pertama era pasar bebas ASEAN 2016 yang di tandai dengan siklus perdagangan JAtim.

Bupati Serahkan Penghargaan Kantor Terindah

Dan di penghujung upacara di berikan sebuah piala penghargaan, laptop, dan printer untuk pemenang lomba dan keindahan kantor tahun 2016 dalam rangka memeriahkan HUT RI. Yaitu kategori SKPD dengan halaman terindah dan terbersih, juara satu disandang oleh Dinas DPU Cipta Karya dan Tata Ruang, juara dua RS dr. Soebandi, juara tiga Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jember.

SKPD tanpa halaman namun terindah dan terbersih juara satunya diraih Kantor Lingkungan Hidup, juara dua Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA), juara tiga Bagian Pembangunan Setkab Jember. Sementara Kategori kecamatan juara satu Kecamatan Kaliwates, juara dua Kecamatan Sukorambi, juara tiga Kecamatan Balung.

Dan untuk Kategori Kelurahan dengan juara satu Kelurahan Kebonsari , juara dua Kelurahan Antirogo, juara tiga Kelurahan Jember Lor. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Jember Siap Dukung Jatim Jadi Propinsi Berbasis UMKM"