Jember Kota Pandhalungan

Jember Siap Jadi Tuan Rumah POPDA XI

Kabupaten Jember menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Jawa Timur yang akan diselenggarakan pada 1-6 November 2016. Pemkab Jember melalui Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) telah mneyiapakan segala kebutuhan dan keperluan yang akan digunakan dalam penyelenggaraaan POPDA XI ini. Penyelenggaraan POPDA XI ini didasarkan pada Undang-undang No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan juga Surat Gubernur Jawa Timur Nomor: 426/26880/109/2015 tanggal 30 Desember 2015 tentang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XI Provinsi Jawa Timur, bahwa Kabupaten Jember diberi kepercayaan sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan.

Berdasarkan data dari Kanpora Jember, sebanyak 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur akan turut andil memperebutkan posisi juara dalam penyelenggaraan ini. Terdapat 14 cabang olahraga (cabor) yang menjadi arena untuk memperebutkan posisi juara. 14 cabor tersebut di antaranya adalah atletik, bulutangkis, bola basket, bola voli, gulat, karate, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak bola, sepak takraw, tenis lapangan, dan tenis meja.

Pembukaan POPDA XI sendiri akan dilaksanakan pada Selasa, 1 November 2016 pukul 10.00 WIB bertempat di GOR PKPSO Kaliwates Jember. Acara pembukaan ini nanti akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Bupati dan jajaran Muspida Jember, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Jawa Timur, dan Ketua dan Perwakilan Kontingan masing-masing Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Untuk venue pertandingan sendiri terdapat 16 tempat yang akan menjadi tempat bertanding, yaitu Stadion Universitas Jember (Atletik), GOR Bulutangkis Argopuro (Bulutangkis), GOR Basket Garuda (Bola Basket), GOR PKPSO (Bola Voli), Roxy Square (Gulat), Stadion Notohadinegoro (Panahan), GOR SMPN 7 Jember (Pencak Silat), Kolam Renang Kebonagung (Renang), Gedung Serba Guna Jember (Senam), Lapangan Sepakbola SECABA Sukorejo, Lapangan Sepakbola Yonif 509, Stadion JSG (Sepakbola), Lapangan Tenis GOR PKPSO Kaliwates (Tenis Lapangan, dan Aula Dinas Pendidikan (Tenis Meja). Sedangkan untuk cabor Karate dan Sepak Takraw yang direncakan akan menggunakan GOR Joko Tole dan GOR SMAK St. Paulus, akan dipindah ke United Futsal.

Dengan diikuti oleh 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur, masing-masing kontingan akan mengirimkan rata-rata sebanyak 150 atlet, sehingga total keseluruhan mencapai lebih dari 6000 atlet. Untuk Kabupaten Jember, sebagai tuan rumah akan mengirimkan sebanyak 204 atlet yang tersebar di 14 cabor.

Selain itu, Kanpora Jember telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember untuk menyiapkan 38 sekolah (SD, SMP, SMA) yang tersebar di Kecamatan Sumbersari, Kecamatan Kaliwates, dan Kecamatan Patrang untuk menjadi Kampung Atlet. Di samping itu terdapat sebanyak 15 sekolah yang menjadi tempat menginap para atlet dari 15 kabupaten/kota peserta.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, berharap penyelenggaraan POPDA XI Jawa Timur ini bisa berjalan dengan lancar dan semua bisa terfasilitasi dengan baik, mengingat Jember tahun ini tampil sebagai tuan rumah. “Target kita bisa masuk lima besar. Untuk persiapannya, besok kita akan sidak di masing-masing tempat sambil kita pantau untuk dilengkapi, termasuk untuk Kampung Atlet di sekolah-sekolah,” terang Bupati Faida, Jumat (28/10/2016).
Untuk POPDA XI ini, Kabupaten Jember menggunakan maskot hewan banteng Meru Betiri yang merupakan hewan khas Jember. Diharapkan penyelenggaraan POPDA XI ini akan menjadikan ‘Jember Baru, Jember Bersatu, dan Jember Luar Biasa’. (*f3)

No Response

Leave a reply "Jember Siap Jadi Tuan Rumah POPDA XI"