Kerja Nyata

JEMBER TUAN RUMAH TOBACCO INTERNATIONAL EXIBITION

Daun tembakau bukan hanya sekedar ikon dan sebagai komoditi masyarakat Jember, namun nilai historiscal tembakau terhadap keberadaan Kabupaten Jember juga tidak bisa dilepaskan. Ini ditunjukkan dengan adanya lambang daerah yang mengusung daun tembakau gambar utamanya.

Dengan keberadaan tembakau yang begitu dekat dengan masyarakat Kabupaten jember, tidak salah jika Internasional Tobacco Exebition (ITE) bertempat di Kabupaten Jember. Mengingat Jember sendiri merupakan Kabupaten penyuplai tembakau terbesar di Indonesia. Pameran tembakau Internasional ini rencananya akan di buka secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Bahkan, pameran tembakau Internasional ini juga akan diikuti oleh 226 peserta pameran dari seluruh pengusaha tembakau di Indonesia, termasuk Perusahaan Asing yang tergabung dalam Importir Tobacco Assosiation (ITA), serta Gabungan Perusahaan Rokok (GAPERO).

Disampaikan oleh Kepala Lembaga Penelitian Tembakau, Desak Nyoman S, 10/9, bahwa Lembaga tembakau Disperindag Propinsi Jawa Timur bekerjasama dengan pihak swasta mengadakan pameran tembakau Internasional yang ditempatkan di Jember. Dirinya menjelaskan sebenarnya pameran ini akan dilangsungkan di Jerman, namun dirinya bersama tim saat itu meminta agar pameran tembakau dilakukan di Indonesia, mengingat Indonesia merupakan Negara penyuplai tembakau terbesar dunia. “kenapa mesti di Jerman?wong kita ini yang menyuplai tembakau terbanyak, terbaik dan terbesar di dunia?,ungkapnya. Dengan asumsi itulah, akhirnya Jember ditunjuk sebagai Kabupaten tempat pameran tembakau dunia. Desak juga mengatakan bahwa pameran ini akan dilangsungkan selam 5 hari, yaitu dari tanggal 11 september sampai dengan tanggal 15 september, dengan berbagai acara yang mengangkat tembakau didalamnya, seperti lomba fashion show, festival lukisan cethe, dan seminar Internasional Tembakau. “Pameran ini juga akan dibuka secara gratis bagi masyarakat yang akan melihat”, tegasnya.

Tembakau sendiri, ungkapnya, merupakan tanaman yang memberikan sumbangsih yang sangat luar biasa bagi masyarakat Jember, disamping Jember sendiri sangat terkenal dari dulu dengan kualitas tembaku yang terbaik untuk wilayah Jawa Timur Bagian Timur. Selain itu juga, sebagai pusat informasi positif tentang keberadaan tembakau dalam rangka menopang ekonomi masyarakat Indonesia, terutama Jember. Dirinya berharap pameran ini bisa dilakukan secara periodik dan berkelanjut, sehingga bagi petani dan perusahaan-perusahaan tembakau skala kecil bisa terfasilitasi untuk memamerkan produksinya. “selama ini kan yang bisa tercover hanya tembakau pabrikan, kalo dengan pameran yang dilakukan secara periodik, nantinya perusahaan skala kecil dan petani juga bisa tercover”, katanya.  Dirinya juga mempunyai obsesi tembakau bukan lagi hanya sebagai sebuah ikon, akan tetapi tembakau merupakan sumber daya ekonomi yang sangat menguntungkan.(tgh/humas)

No Response

Comments are closed.