JOMC VI, Balikpapan Sabet 4 Kejuaraan

Usai sudah perhelatan akbar Jember Open Marching Competition (JOMC) yang biasa digelar setiap tahun. Babak final event besar yang diikuti 4 negara dan 10 kabupaten di Indonesia itu, menghantarkan Gita Bahana, Balikpapan, Kalimantan Timur, berhasil merebut 4 mata lomba yang dipertandingkan.

Empat mata lomba yang berhasil direbut antara lain, Drum Battle, Brass Battle, Street Parade, Marching Show. Sedangkan Jember, berhasil menyabet juara 1dan 2 individual battle snare. Juara 1 dan 2 individual battle PIT, juara 2 dan 3 individual battle TOM. Serta juara 2 drum battle dan juara 2 brass battle.

Thailand hanya mampu meraih juara 2 marching show. Kalimantan Selatan juara 3 marching show, serta South Africa juara 3 brass battle dan street parade.

Event bertaraf internasional yang kali ini menginjak tahun ke enam (VI), diikuti 10 kabupaten dan 3 negara. Negara yang ikut ambil bagian dalam event ini, antara lain, Jepang, Afrika Selatan, Thailand, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Total keseluruhan tim yang menjadi peserta JOMC kali ini sebanyak 16 tim. Sedang dewan juri menilai jalannya event ini, berarasal dari Amerika Serikat, Malaysia, Taiwan, Thailand, dan Indonesia.

‘Ya, mudah-mudahann kedepan menjadi lebih baik terkait persiapan,” ujar Tri Basuki, panitia pelaksana International Jember Open Marching Competition VI Tahun 2017.

Dia mengatakan, untuk menjaring peserta agar yang ikut lebih banyak, baik dari Indonesia maupun luar negeri, persiapannya harus lebih matang dan dilakukan jauh-jauh hari. “Minimal Januari sudah harus promosi dan menyebar undangan,” tandasnya.

Menurut Tri Basuki, lomba marching band sangat berbeda dengan lomba lainnya. Karena dilomba ini, melibatkan banyak orang. “Karena menyangkut jumlah pemain yang banyak, pelatihan minimal 6 bulan, belum lagi soal. pendanaan mereka untuk datang ke Jember,” ungkap Tri.

Seperti diketahui, kejuaraan international Jember Open Marching Band Competition (JOMC) VI yang digelar di Stadion Jember Sport Garden (JSG), dimulai sejak hari Jumat (27/10/2017) lalu. Pelaksanaan lomba berlangsung hingga tanggal 29 Oktober 2017.

Beberapa kriteria yang dinilai dalam lomba ini antara lain, General effect musik, General effect visual, Music ensemble winds, Music ensemble percussion, Visual ensemble dan Colorguard.

Pelaksanaan dari lomba ini, dibuka oleh Bupati Jember, dr.Faida.MMR. Bupati yang saat pembukaan itu memberikan sambutan mengatakan, bahwa JOMC adalah kegiatan internasional dengan semangat sumpah pemuda. Karena itu diharapkan, generasi muda banyak yang bisa berprestasi seperti peserta yang ikut dalam kompetisi ini.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada peserta. Welcome to Jember international delegation. Peserta yang ikut kompetisi ini saya lihat masih muda-muda. Tentu dengan semangat sumpah pemuda. Banyak pemuda pemuda di Indonesia, khususnya Jember, bisa mengikuti jejak mereka untuk berprestasi. Siapapun juaranya, mereka yang terbaik,” ucap Bupati Faida. (Indra GM)

No Response

Comments are closed.