Kampung KB Dukusia Raih Penghargaan Jawa Timur

Kampung KB Dukusia di Desa Rambigundam, Kecamatan Rambipuji meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2018.

Penghargaan ini diterima Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief,  Jumat (13/7/2018), di Kabupaten Madiun yang menjadi tempat puncak peringatan Harganas Jawa Timur.

Kepala Dinas Perlindungan Anak dan Perempuan dan Keluarga Berencana (DP3KB) Pemkab Jember Ita Poeri Andayani menjelaskan Kampung KB Dukusia mendapat juara harapan kedua di ajang tingkat provinsi itu.

“Pesertanya 748 Kampung KB yang ada I 38 kabupaten kota di Jawa Timur,” jelas Ita melalui sambungan telepon. Ratusan peserta itu kemudian mengerucut menjadi enam nominasi, salah satunya Kabupaten Jember.

Kampung KB Dukusia menjadi percontohan Kampung KB pada tahun 2016 di Kabupaten Jember. Pada tahun 2017, Kampung KB berada di setiap kecamatan. Mereka ini kemudian dinilai dari beberapa indikator.

Penilaian Kampung KB di Jember, jeals Ita, terkait admnistrasi kelembagaan, Tribina yang terdiri dari Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja dan Bina Keluarga Lansia. Selain itu penilaian terkait UPPKS dan Piker, dan administrasi pelayanan KB.

Sementara penilaian di tingkat Jawa timur meliputi lima kreteria terdiri dari aspek dukungan komitmen, dukungan lintas sektor, dukungan program, peran serta masyarakat, dan pengelolaan Kampung KB.

“Harapan kita, Dukusia menjadi nominasi di Harganas ini bisa menjadi inspirasi bagi 30 Kampung Kb yang sudah terbentuk di Kabupaten Jember,” ujar Ita.

Ita juga berharap Kampung KB ini bisa berkontribusi mengentaskan kemiskinan serta mendekatkan pembangunankepada masyarakat. “Harapannya juga sinergi lintas OPD (organisasi perangkat daerah),” pungkasnya. (*f2)

One Response
  1. Kampung KB Dukusia Raih Penghargaan Jawa Timur – Liputan 24 Indonesia3 months ago

    […] Sumber: Berita Jawa Timur […]

    Reply

Leave a reply "Kampung KB Dukusia Raih Penghargaan Jawa Timur"