Jember Kota Pandhalungan

Kapolres Paparkan Manfaat Kentongan Online di Gedung Dewan

Kapolres Jember, AKBP M. Sabilul Alif, SH, SIK, Mhum, menyampaikan paparan tentang berbagai program yang dicanangkannya, termasuk kentongan online, aplikasi pelayanan keamanan berbasis android di Gedung DPRD, seusai penyampaian Bupati terhadap Pandangan Umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Jember, senin (1/8/2016).

Polres Jember mempunyai Program utama yaitu Jember Suwar-suwir (Jember suasana warga yang aman, religius, bersahabat, berwawasan intelektual dan kreatif ). Dengan 9 bentuk program unggulan yaitu Pos Proltape (Polisi Patroli Tiap Pagi dan Sore ), Pos Khidmat (Polisi Khotbah sholat Jumat), Pos Wedang Cor (Polisi-warga don candon/cangkrukan dan koordinasi), Pos Sagita (Polisi Sabtu Sinergi dengan Masyarakat), Pos Papuma (Polisi peduli pemuda, pelajar dan mahasiswa), Pos Jagung (Polisi peduli pekerja dan pengangguran), Pos Perwira (Polisi peduli Pariwisata dan dunia kreatif ), Pos Purna (Polisi peduli perempuan dan anak), Jempol (Jember Police Online).

Jempol adalah program mengonlinekan Polres Jember dalam tugas dan fungsinya, dengan demikian Polres Jember dapat memberikan pelayanan dan menyentuh langsung kepada masyarakat yang saat ini mayoritas sebagai netizen, sehingga layanan yang telah di berikan dapat di rasakan langsung oleh masyarakat.

Sedangkan dalam Pembuatan aplikasi WAR (We Are Ready ) ini bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat melakukan pelaporan tindak kejahatan kepada polisi. Membantu dan mempercepat tugas polri dalam melakukan tindakan pertama di tempat kejadian perkara (TPTKP) / quick respon. Dengan adanya WAR akan tercipta Jember zero crime, sehingga Jember suwar-suwir dapat tercapai lebih optimal.

Bagi pengguna / masyarakat dapat memetik manfaatnya yaitu Pengguna dapat dengan mudah mengetahui Pos Polisi dan pelayanan Kepolisian pada menu map. Pengguna mendapatkan informasi yang di terbitkan oleh Polres Jember melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Pengguna dapat dengan cepat melapor kepada petugas kepolisian jika ada tindak kejahatan maupun membutuhkan bantuan kepolisian.

Juga manfaat bagi Polri yaitu meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat. Meringankan tugas kepolisian dengan menempatkan masyarakat sebagai mitra kepolisian sebagai early warning dan early detection. Mempermudah giat pelayanan yanh bisa di deteksi oleh masyarakat melalui icon-icon pada fitur map di aplikasi WAR.

Aplikasi WAR (We are Ready) Polres Jember adalah sebuah aplikasi keamanan yang dapat menerima dan merespon dengan cepat setiap dinamika informasi dari masyarakat, baik informasi tindak pidana, kecelakaan lalu lintas, dan bencana alam serta gangguan kamtibmas lainnya yang langsung di terima oleh seluruh petugas Polri yang tersebar di wilayah hukum Polres Jember untuk selanjutnya pada kesempatan pertama di tuntut untuk mendatangi TKP guna melakukan tindakan Kepolisian.

“Ini menunjukkan bahwa tekhnologi memang saat ini adalah sangat di butuhkan untuk memangkas birokrasi untuk memangkas persoalan-persoalan laporan dari masyarakat.” Jelasnya.

Polres bekerjasama dengan Play store untuk pembuatan aplikasi WAR. Dengan cara mengunduh aplikasi WAR (We are Ready) di playstore masyarakat sudah dapat menggunakannya. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Kapolres Paparkan Manfaat Kentongan Online di Gedung Dewan"