Karakter adalah Akar Tumbuhnya Jiwa

This slideshow requires JavaScript.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menjelaskan karakter merupakan akar dari berkembangnya jiwa seseorang. Karena itu, memiliki karakter itu penting.

Hal itu disampaikan Bupati Faida saat memberikan materi pembekalan dalam penutupan pelaksanaan program Satu Sekolah Satu TNI di SMAN 1 Jember, Minggu (19/8/2018).

“Karakter itu akarnya. Jadi pohon bisa tumbuh bagus dan berbuah itu karena akarnya sehat,” terang Bupati Faida.

Karena itu, pembangunan sumberdaya manusia tidak bisa hanya fokus dengan memberikan materi kompetensi pendidikan.

Apabila lupa membangun karakter, maka generasi kita tidak akan tumbuh kokoh dan sehat. “Karena akarnya tidak tumbuh dengan kuat,” ungkapnya.

Lebih jauh Bupati Faida mengatakan, jika seorang anak mengembangkan suatu daya saing berupa karakter, maka karakter itu sulit ditiru dan sulit untuk di saingi.

Selain itu, Bupati Faida menjelaskan kecerdasan moral dan kecerdasan spiritual. Kecerdasan ini merupakan salah satu kunci sukses seorang anak di masa depan.

Kecerdasan moral dan spiritual mengukurnya sulit, karena yang harus diukur urusan hati, kejujuran, rasa tanggung jawab, pemberi maaf.

Peduli merupakan salah satu kecerdasan spiritual. “Karena peduli dapat mengubah nasib banyak orang,. Percuma nilai bagus tetapi tidak peduli,” tuturnya.

Bupati Faida juga memberikan penjelasan untuk mencintai produk lokal dan produk dalam negeri.

Di dalam penjelasannya, Bupati Faida menyebut produk-produk unggulan juga dikenalkan sehingga peserta Satu Sekolah Satu TNI tahu bahwa produk-produk lokal juga dapat bersaing di pasaran hingga ke manca Negara.

Terkait produk local ini, Bupati Faida berpesan supaya peserta lebih rajin mengkonsumsi produk lokal Jember.

Terkahir, pesan yang disampaikan Bupati Faida agar patuh kepada orang tua. “Generasi muda, sepintar apapun dia, jangan sampai menjadi generasi yang durhaka, harus hormat kepada orang tua, kepala sekolah, guru dan sesama teman. Karena ridho Allah melalui orang tua,” pungkasnya. (mutia/izza/*f2)

One Response
  1. Karakter adalah Akar Tumbuhnya Jiwa | JatimTerkini.com3 months ago

    […] Click to view slideshow. […]

    Reply

Leave a reply "Karakter adalah Akar Tumbuhnya Jiwa"