Kekuatan Fisik dan Wawasan Diperlukan untuk Mempertahankan NKRI

Melatih kekuatan fisik dan pengembangan wawasan diperlukan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari distorsi yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arief dalam apel pembukaan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) di Secaba Rindam V / Brawijaya Jember, Kamis (23/02/2017).

“Selain pelatihan fisik, tentunya pengembangan wawasan yang akan disampaikan oleh pemateri harus benar-benar dihayati, sehingga kita dalam mengawal NKRI dapat benar-benar siap,” jelas Drs. KH Abdul Muqit Arief.

Wabup menjelaskan, peristiwa yang terjadi tidak sebatas bencana alam. Di tengah-tengah masyarakat juga terjadi distorsi kehidupan, yang ditandai adanya kelompok-kelompok yang tidak lagi menyatakan kesetiaan pada Pancasila.

Kondisi itu membuat tugas mempertahankan NKRI semakin berat. Maka diperlukan gerakan, yang menjadi tugas peserta Susbalan, untuk mempertahankan NKRI.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah (PW) Ansor Jawa Timur Rudi Tri Wahid menyampaikan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab.

Diantaranya, menjaga dan memperkuat nilai Islam ahlussunnah wal jamaah. “Mengawal dan memperkuat NKRI, juga sosial kemasyarakatan serta tugas kemanusiaan,” ujarnya.

Rudi Tri Wahid menjelaskan Susbalan merupakan sistem kaderisasi yang dirancang untuk mentransformasikan pemahaman tugas dan tanggung jawab. Usai mengikuti Susbalan, peserta harus mampu menunjukkan performance dan sikap diri sebagai perwira. (Izza,*f2)

No Response

Leave a reply "Kekuatan Fisik dan Wawasan Diperlukan untuk Mempertahankan NKRI"