Jember Kota Pandhalungan

Kemarau, Musim Terbaik Menanam Tembakau

Berita Jember,

            Musim kemarau, bagi sebagian orang, mungkin kurang menyenangkan, karena selain udara jadi tidak menentu dan menyebabkan banyak orang terserang penyakit. Namun, ada pula yang menganggapnya, musim kemarau merupakan suatu rejeki dari sang pencipta. Bagaimana tidak, jika ternyata hampir sebagian orang menggunakan musim kemarau ini, dengan menanam tembakau.

            Tembakau, memang lebih baik ditanam, saat kemarau, karena cuaca dan udara saat itu, membuat hasil tembakau jadi lebih baik. Selain itu, musim kemarau ternyata memang berpengaruh pada tembakau, seperti yang disampaikan salah seorang petani tembakau di daerah Kalisat “ musim kemarau memang sangat cocok sekali untuk menanam tembakau, karena proses penjemurannya nati, bisa lebih baik lagi, kan kalau kemarau jarang bahkan tidak ada hujan” ujar Sunar.

            Menurut petani, yang sudah 32 tahun berprofesi sebagai petani tembakau itu, mengatakan  bahwa hasil produksi tembakau untuk tahun ini diperkirakan akan lebih baik, jika dibandingkan dengan tahun lalu “perkiraan saya, akan lebih baik, karena tahun ini, jarang hujan” tegasnya.

            Namun, diakuinya, untuk menanam tembakau tidaklah mudah, karena masih harus melalui beberapa , mulai dari menanam bibit sampai proses pengeringan tembakau, hal ini juga diakui Murat “ untuk menanam tembakau tidaklah mudah, karena harus benar-benar teliti dalam pemilihan bibit maupun pupuk, jika tidak hasilnya kurang baik” ujarmya.

            Namun, kendati demikian, para petani tembakau itu, bisa meraih untung, sampai jutaan rupiah, karena untuk per 1 kuintal tembakau , bisa laku seharga 4 juta rupiah, untuk itu di musim kemarau ini, banyak para petani yang menanam tembakau. (*) 

No Response

Comments are closed.