Jember Kota Pandhalungan

Kembali Raih Rekor MURI, Kabupaten Terbanyak Realisasikan Akad Kredit Rumah Bersubsidi

 

Kabupaten Jember kembali menorehkan sejarah dan tercatat serta diakui nasional sebagai pemecah rekor Muri (Museum Rekor Indonesia). Kali ini, Jember dinobatkan sebagai Kabupaten terbanyak merealisasikan Akad kredit rumah bersubsidi KPR BTN.

Tidak kurang dari 1013 unit rumah bersubsidi, hari ini diserahkan kepada masyarakat berpenghasilan rendah di Jember. Penyerahan ini ditandai dengan penandatanganan akad kredit KPR BTN oleh masyarakat pembeli dengan pihak BTN selaku Bank pemberi kredit dan pengembang yang tergabung dalam REI (Real Estate Indonesia), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman (Apersi) dengan disaksikan dari Badan Pertanahan NAsional (BPN) pada acara Realisasi 1001 Unit Rumah KPR BTN Bersubsidi di Kabupaten Jember dan Akad Kredit Rumah Subsidi KPR BTN Terbanyak Se-Kabupaten, Rabu (7/9/2016).

Acara yang di hadiri oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementrian PU, Dr. Maurin sitorus, Ketua DPD REI Jatim, Totok lusida, perwakilan BTN pusat, perwakilan dari Muri, Forkopimda Kabupaten Jember, dan BPN, tersebut merupakan wujud dari semangat program pembangunan 1 juta rumah yang merupakan perujudan Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo dan Reforma Agraria.

Realisasi ribuan rumah tersebut berjalan lancer tanpa hambatan, meski ribuan orang calon penghuni rumah baru memadati jalan Sudarman dan sebagian dari alun-alun JEmber. Nampak antrian pengambilan berkas, dan prosesi tandatangan dipadati masyarakat secara tertib.

Para pembeli rumah yang masuk dalam daftar program ini, harus mematuhi sejumlah persyaratan, diantaranya setelah menerima kunci dan menerima sertifikat peserta dapat mencicil angsuran rumah setiap tanggal 7 perbulannya, juga terdapat beberapa aturan yang harus di ikuti oleh peserta rumah murah yaitu rumah tidak boleh kosong, rumah tidak boleh di sewakan, rumah tidak boleh di jual dalam jangka waktu tertentu.

Ketua panitia penyelenggara, Joko Susanto SH, MH menyampaikan bahwa program itu merupakan inisiasi membentuk kolaborasi produktif, mewujudkan sinergitas antara kantor pertanahan kabupaten jember, BTN, serta Pemerintah Kabupaten Jember dengan tema realisasi 1001 rumah subsidi KPR BTN di Kabupaten Jember dan sekaligus pemecahan rekor Muri realisasi akad kredit rumah terbanyak se-kabupaten.

Adapun tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kelompok masyarakat berpenghasilan rendah dengan penyediaan rumah bersubsidi , mewujudkan reforma agraria di Kabupaten Jember, mendorong pertumbuhan ekonomi di kabupaten jember, menciptakan iklim usaha yang sehat khususnya di bidang properti, serta menumbuhkan semangat atau budaya kolaborasi antar stakeholder pembangunan di Kabupaten Jember.

Kegiatan ini melibatkan sebanyak 27 pengembang yang tergabung dalam asosiasi REI dan APERSI, menciptakan lapangan pekerjaan lebih dari sepuluh ribu orang pekerja, menggerakkan tidak kurang dari 77 kegiatan ekonomi ikutan dan menghasilkan tidak hanya 1001 rumah bersubsidi melainkan sampai hari ini mencapai 1013 rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Jember.

Sementara itu, Bupati Jember menyampaikan rasa syukur atas terwujudnya realisasi 1001 rumah bersubsidi dan realisasi KPR BTN untuk masyarakat Jember. “Ini suatu bukti bahwa kekuatan bangsa Indonesia tidak lain adalah kekuatan gotong royong, saling membantu,” tuturnya.

Bupati Faida juga menegaskan, selanjutnya akan di adakan 1002 rumah untuk PNS ,TNI , Polri, dan karyawan swasta, dan juga telah di rancang 1003 rumah untuk buruh di seluruh Kabupaten Jember baik itu buruh tembakau, buruh tani atau buruh yang lainnya.

“Jember siap menjadi pilot project program-program dari kementrian PU Pera untuk masyarakat jember,” imbuhnya. Bupati juga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada panitia dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini yang tentu saja tidak mudah, mulai dari peletakan batu pertama, hingga realisasi.

Bupati menitipkan kepada REI, BTN dan seluruh yang terlibat dalam kegiatan hari ini bahwa Jember sudah bertekat untuk menjadi kabupaten yang ramah terhadap seluruh masyarakat dan ramah pada masyarakat difabel. Mungkin dulu masyarakat berpenghasilan rendah tidak berani bermimpi memiliki rumah tapi hari ini telah di realisasikan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Komitmen cinta produk lokal akan di wujudkan dalam kelengkapan syarat untuk ijin lokasi perumahan.

Selanjutnya sebagai penutup acara, Bupati jember beserta undangan diminta maju ke mimbar untuk penandatanganan prasasti dalam rangka peresmian program realisasi KPR BTN 1001 rumah subsidi di Kabupaten Jember dan penyerahan secara simbolis berupa tabungan bank BTN dan beberapa pemberian lagi kepada peserta realisasi rumah subsidi yang telah terpilih.

Kemudian terkait rekor Muri, piagam rekor Muri di berikan kepada Bupati Jember, Bank BTN, REI, dan di umumkan juga di sahkan bahwa akad kredit rumah subsidi KPR BTN terbanyak se-kabupaten 1013 unit rumah resmi di catat di Muri. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Kembali Raih Rekor MURI, Kabupaten Terbanyak Realisasikan Akad Kredit Rumah Bersubsidi"