Kemerdekaan dan Pahlawan Ibarat Pohon Rindang

This slideshow requires JavaScript.

Bupati dan Wakil Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., dan Drs. KH. Abdul Muqit Arief, menggelar ramah tamah bersama veteran se-Kabupaten Jember di halaman depan kantor Pemkab Jember, Sabtu 10 November 2018.

Dalam sambutannya, Bupati Faida mengibaratkan pahlawan dan kemerdekaan seperti pohon rindang untuk berteduh dari hujan dan panas.

Semua bisa berteduh di bawah pohon yang rindang, karena puluhan tahun yang lalu ada yang menanam, memberi pupuk, menyirami, dan merawatnya.

“Ada yang dulu memperjuangkan kemerdekaan sehingga kita sekarang bisa hidup di keadaan yang damai di dalam persatuan NKRI,” tuturnya.

Karena itu, Bupati Faida mengungkapkan perlunya menjaga silaturahmi antar-generasi, agar semangat perjuangan para pahlawan tidak terputus.

“Saya sangat berterimakasih, selalu dijaga silaturrahimnya. Kami selalu mendapat banyak informasi, nasehat dan kami selalu mendapat pengingat,” ujar bupati.

Bupati menyampaikan, pemerintah berkewajiban menjaga kesejahteraan para pahlawan, veteran dan keluarganya. Karena itu, bupati berharap keluarga pahlawan dan veteran menyampaikan hambatan dalam menjalani kehidupan seperti pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Muhammad Joko Pramudito, veteran berusia 89 tahun, dalam kesempatan ramah tamah itu mengungkapkan aktifitasnya sampai saat ini.

Pria yang pernah menduduki jabatan di PT. Perkebunan 27 selama 40 tahun ini masih aktif dalam kegiatan sosial bersama kelompok paduan suara veteran.

Mbah Joko, dengan semangat perjuangan ’45 mengatakan mengumpulkan pemuda,  anak-anak untuk di ajari menyanyi  mars lagu-lagu perjuangan, agar dapat menularkan semangat ’45.

“Semangat ’45, menurut saya, baik banget untuk pemudanya, generasi penerusnya, memang perlu di abadikan, ada yang melatih,  ada yang mendidik. Yang tua-tua mengajak, merangkul mereka, supaya harus terus berjuang,” tuturnya. (mutia/izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Kemerdekaan dan Pahlawan Ibarat Pohon Rindang"