Jember Kota Pandhalungan

Ketika Keinginan Menyambung

105 views

Djalal

Pencanangan sebuah program akan berjalan sebagaimana yang diharapkan, apabila terjadi kesamaan pandangan dan keinginan dari pencetus program dan yang akan menerima pelaksanaan program. Kesamaan pandangan dan keinginan ini sebuah kebutuhan dalam pelaksanaan program, karena dengan ini semua yang direncanakan, akan bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar.

                Agar sesuai dengan harapan masyarakat, maka yang perlu juga dipahami adalah karakteristik dari masyarakat yang akan menerima pelaksanaan pembangunan. Ini perlu, karena berhasil tidaknya pelaksanaan suatu program pembangunan akan banyak ditentukan, sejauh mana karakteristik masyarakat itu dipahami.

                Mari kita lihat bersama, salah satu program yang sudah berhasil dilaksanakan dan sekarang dinikmati masyarakat. Bagaimana awal dicanangkannya program pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU). Program ini berwal dari aktifnya masyarakat dalam kegiatan pembangunan.

Saya merasa malu, karena bagi saya, kalau bupati melihat masyarakatnya sudah demikian (giat membangun), tapi tidak ada perhatian, berarti bupatinya tidak karu-karuan. Kemudian saya memprogamkan lampu penerangan jalan umum, saya nunggui sendiri, untuk mengetahui PJU pertama yang dipasang, benar-benar bisa menyala atau tidak.

Alhamdulillah, waktu itu bulan puasa, meski saya akhirnya berbuka di pinggir jalan, namun ada kepuasan tersendiri, karena lampu PJU yang baru dipasang benar-benar menyala. Yang lebih menggembirakan lagi, setelah lampu itu hidup, masyarakat serempak mengumandangkan kalimat Allahu Akbar.

Teriakan itu mengandung arti, keinginan masyarakat dan pemerintah, nyambung. Yang seperti inilah yang perlu menjadi catatan, bahwa kalau keinginan masyarakat dan pemerintah nyambung, maka apapun program yang dicanangkan akan mudah dilaksanakan.

Oleh karenanya, kebersamaan dan kesepemahaman antara masyarakat dengan pemerintah harus dibangun. Sebab hanya dengan itu, semua program akan bisa dilaksanakan, kalaupun ada persoalan, dimungkinkan akan mudah diatasi.

Salah satu contoh yang bisa dilihat dari adanya keinginan masyarakat yang nyambung dengan keinginan pemerintah, seperti yang terjadi di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah. Setelah melalui proses panjang, akhirnya keinginan masyarakat untuk memiliki jembatan yang permanen bisa terwujud.

Keinginan inipun masih ada tindaklanjutnya. Masyarakat yang sedemikian giat dalam membangun, saya lihat perlu juga mendapat perhatian dari pemerintah. Jalan yang menjadi sarana transportasi utama dan belum teraspal, harus diaspal.

Kita sanggupi keinginan warga untuk mengaspal jalan, setelah jembatan yang saat ini tengah dibangun sudah selesai. Hanya yang perlu diketahui, bahwa saya tidak akan selamanya menjadi bupati, pada saatnya nanti jabatan itu harus dilepaskan.

Karena itu kepada warga yang mengajukan usulan perbaikan jalan, kalau tidak bisa terlaksana dalam waktu cepat, hendaknya tidak menagih janji pembangunan ke saya, karena saya sudah tidak lagi menjadi bupati. Masyarakat bisa menanyakan atau menagih janji pembangunan yang pernah saya ucapkan ke bupati pengganti saya. (*)

No Response

Comments are closed.