Jember Kota Pandhalungan

Kewaspadaan Dini Jelang Pemilu Legislatif

Rakor Waspada diniBupati Jember MZA Djalal meminta seluruh jajaran aparat keamanan, baik dari kepolisian maupun Tentara Nasional Indonesia (TNI), untuk mewaspadai segala bentuk informasi menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif. Pasalnya, sekecil apapun informasi yang diperoleh, utamanya yang terkait dengan instalasi pemerintah dapat menjadi potensi gangguan atas pelaksanaan Pemilu Legislatif.

“Sekecil apapun informasi yang kita peroleh, khususnya terkait instalasi pemerintah, meskipun institusi pemerintah itu tidak terkait langsung dengan Pemilu, harus tetap diwaspadai,” kata Bupati Jember MZA Djalal, disela Rapat Koordinasi Forum Kewaspadaan Dini, di aula hotel Royal Jember, Selasa (8/4).

Menurutnya, peningkatan kewaspadaan itu perlu dilakukan berdasar atas pengalaman dari pelaksanaan Pemilu yang sebelumnya. Karena, berbagai gangguan yang terjadi menjelang pelaksanaan Pemilu, seringkali disangkut-pautkan dengan pelaksanaan Pemilu.

Terkait kewaspadaan itu, Bupati Jember juga telah menginstruksikan kepada masing-masing Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), untuk menerapkan sistem piket, meski kantor diliburkan pada saat Pemilu. “Apabila terjadi gangguan, dapat segera dilakukan tindakan antisipasi,” tegasnya.

Bupati Jember juga meminta seluruh jajaran aparat keamanan baik dari unsur Polres maupun TNI, bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) untuk segera bekerja, sesuai dengan porsi kerja masing-masing. Karena, prosedur kerja masing-masing jajaran telah seringkali dibicarakan dalam beberbagai forum sejak beberapa bulan lalu.

Selain itu, Bupati Jember juga mengingatkan kepada seluruh jajaran, bahwa forum kewaspadaan dini ini tidak hanya bekerja hingga saat Pemilu saja. Namun, forum ini akan terus bekerja hingga keseluruhan proses Pemilu usai, yakni pelantikan anggota legislatif di semua tingkatan.

Selanjutnya, forum kewaspadaan dini ini juga akan kembali bekerja pada Pemilu selanjutnya, yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. “Kita tidak hanya bekerja hingga proses Pemungutan suara selesai, tepai hingga tahapan penghitungan, penetapan dan pelantikan anggota DPR RI, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten/ Kota. Selanjutnya disambung dengan tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Jember mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bahu membahu berupaya membantu menyukseskan pelaksanaan Pemilu, serta jajaran apaparat keamanan yang telah berupaya menjaga kondisi kantibmas yang Kondusif, jelang pelaksanaan Pemilu.

No Response

Comments are closed.