Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kritik Sebagai Upaya untuk Lebih Baik

Wakil Bupati Jember Drs. KH abdul Muqit Arief menyatakan kritik kepada pemerintah merupakan hal yang wajar di dunia demokrasi. Kritik juga bagian dari upaya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Hal ini disampaikan Wabup dalam acara tasyakuran peringatan HUT Partai Gerindra ke-9, Kamis (9/2/2017), di Jl. Nusantara V Perumahan Bumi Kaliwates Regency. Peringatan ini diadakan sederhana dengan potong tumpeng.

“Ada kritik, itu sesuatu yang lumrah dalam dunia demokrasi,” tegas Wabup, yang didampingi oleh Ketua DPC Partai Gerindra Jember HM Satib, M.Si dan Ketua DPRD Jember H. Thoif Zamroni, S.Hi, kepada sejumlah wartawan.

Dijelaskan oleh Wabup, demokrasi yang dijalankan akan semakin hidup manakala ada elemen-elemen masyarakat yang bersikap kritis. Kritik itu sendiri memiliki tujuan yang baik. “Dalam rangka untuk mencapai sesutau yang lebih baik,” tegasnya.

Wabup menyampaikan, keberadaan eksekutif dan legislatif merupakan bentuk pembagiaan kekuasaan, bukan pemisahaan kekuasaan. Kritik yang disampaikan anggota legislatif merupakan bentuk dinamisasi demokrasi.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Jember HM Satib, M.Si menyatakan, Partai Gerindra memosisikan sebagai partai penyeimbang. Kebijakan pemerintah yang pro rakyat otomatis didukung. Namun, apabila tidak pro rakyat maka memberikan kritik yang disertai dengan solusi.

“Kita memosisikan diri di tengah-tengah. Kami bukan partai pengusung atau partai pendukung, kita partai penyeimbang,” ujarnya. Posisi ini diambil karena melihat realita adanya partai pendukung dan pengusung.

Realita itu adalah adanya partai pengusung dan pendukung. Di pihak lain, ada partai oposisi yang selalu memberikan kritik kepada pemerintah karena memang memilih berada di seberang dengan partai penguasa.

“Nah, Partai Gerindra ini partai penyeimbang. Artinya, kebijakan-kebijakan yang diambil eksekutif, ketika itu benar dan untuk kepentingan masyarakat maka Partai Gerindra serta merta akan mendukung. Tetapi, ketika dipandang oleh Partai Gerindra tidak berpihak pada rakyat, maka partai Gerindra akan mengkritisi disertai solusi-solusi,” terangnya.
(*F2)

No Response

Leave a reply "Kritik Sebagai Upaya untuk Lebih Baik"