Kualitas di Atas Impor Kelengkeng Lokal Siap Bersaing

SBupati Panen Klengkengemakin beragam saja hasil pertanian di Kabupaten Jember. Setelah sebelumnya dikenal sebagai penghasil rambutan, manggis, buah naga, jeruk, kemudian duren dan beberapa jenis buah lainnya, Jember kini menambah satu lagi produk buah-buahannya.

Jenis buah itu adalah Kelengkeng. Jenis buah ini bisa tumbuh dengan baik di beberapa kawasan di Kabupaten Jember, utamanya di daerah barat selatan yang tanahnya memang dikenal sangat subur. Tanaman buah Kelengkeng yang dikembangkan di daerah Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, ternyata cukup memberikan hasil yang sangat menggiurkan.

Betapa tidak, dalam setiap kilogramnya jenis buah ini bisa dijual dengan harga antara Rp 27 sampai Rp 30 ribu. Sebuah harga yang sudah barang tentu amat disukai oleh masyarakat petani, karena paling tidak bisa memberikan keuntungan lebih dibanding komoditi buah lainnya, seperti rambutan.

Jenis buah kelengkeng yang dihasilkan Kecamatan Umbulsari ini, terbilang memiliki kelebihan dibanding buah yang sama dari luar negeri (impor). Jika buah kelengkeng impor hanya mampu bertahan kurang lebih 4 hari, buah kelengkeng hasil produksi Umbulsari, bisa sampai 10 hari.

Keunggulan lain dari buah kelengkeng Umbulsari dibanding yang dari luar negeri, adalah rasanya yang sangat manis.

No Response

Comments are closed.