Jember Kota Pandhalungan

Kusen Andalas Ingatkan PNS

135 views

wabubWakil Bupati Jember Kusen Andalas, kembali mengingatkan segenap jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk selalu menjaga persaudaraan dan kekompakan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Hal tersebut disampaikan dalam apel pagi awal bulan Oktober di halaman kantor Pemkab Jember, Senin (6/10).

“Saya mengingatkan kembali bahwa kita adalah satu keluarga. Keluarga organisasi di pemerintah kabupaten Jember. Satu keluarga diharapkan bisa menjaga kekompakan dan menjaga harkat dan martabat organisasi,” kata Kusen Andalas.

Menurutnya, sesuai dengan aturan perundangan terkait program kerja pemerintah kabupaten yang dilaksanakan dalam satu tahun anggaran, maka waktu yang tersedia bagi pelaksanaan program kerja tahun anggaran 2014 sudah mendekati masa akhir tahun anggaran. Sisa waktu yang tersedia hanya sekitar dua bulan.

Sempitnya waktu yang tersisa, lanjut Kusen, membutuhkan kerja keras seluruh jajaran pegawai di lingkungan Pemkab jember. Sehingga seluruh program kerja yang telah direncanakan dapat terselesaikan dengan baik. “Kalau memang perlu diselesaikan malam hari, ya segera diselesaikan,” tegasnya.

Pasalnya, tanggung jawab pelaksanaan program kerja Pemkab Jember tidak hanya menjadi Bupati, Wakil Bupati, ataupun sekretaris daerah saja, namun juga menjadi tanggung jawab seluruh jajaran karyawan Pemkab Jember. “Untuk menjadi pelayan masyarakat yang baik, dengan terbatasnya waktu, maka jangan sampai ada diantara kita yang sengaja menghambat penyelesaian program kerja kita,” ujar Kusen.

Kusen mengatakan bahwa PNS sebagai pelayan masyaraklat dan abdi negara harus siap menerima tanggung jawab yang diberikan oleh negara. Apapun tugas yang diberikan oleh negara, baik suka dan tidak suka, harus tetap dilaksanakan sebagai tanggung jawab sebagai abdi negara.

Terkait tugasnya sebagai abdi negara, sambung Kusen, maka PNS harus mencintai tugas dan kewajibannya sebagai abdi negara untuk melayani masyarakat. Dengan mencintai tugas-tugasnya, maka ajkan tumbuh semangat kerja diantara PNS.

Selain itu, dengan cinta, maka akan tumbuh komunikasi dan kerjasama antar karyawan Pemkab. Dengan cinta atas pekerjaannya, juga akan menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara karyawan Pemkab Jember. “Dengan rasa kekeluargaan maka diantara kita akan tumbuh rasa saling mengingatkan, saling menerima dan memberi,” papar Kusen.

Kusen mengatakan bahwa keluarga besar Pemkab Jember harus tetap mengedepankan positif thinking. Yakni dengan membuang semua prasangka buruk, dan mengedepankan prasangka baik dalam bekerja. Apabila seluruh jajaran Karyawan Pemkab melaksankan pekerjaan dengan niatan baik, positif thinking, dan mencintai pekerjaannya, dan bekerja sama sebagai satu keluarga, maka segala beban berat pekerjaan akan dapat terselesaikan dengan baik. “Bahkan kita bisa akan mendapat petunjuk yang tidak diprediksi sebelumnya, apabila kita berniat baik, dan mencintai pekerjaan kita,” terang Kusen.

Dalam kesempatan itu, Kusen juga mengingatkan kepada segenap karyawan Pemkab agar tidak larut dalam karut marut perpolitikan nasional yang terjadi akhir-akhir ini. Hal ini dimaksudkan agar proses pelayanan masyarakat tidak terganggu oleh permasalahan politik nasional. “Sebagai pelayan masyarakat, kita jangan berpikir masalah perpolitikan. Karena hal itu bisa mengganggu,” katanya.

Pada apel pagi kali ini juga dilaksanakan pengumuman pemenang lomba kebersihan antar Satuan perangkat Kerja Daerah (SKPD) Pemkab Jember. Untuk kategori SKPD dengan halaman, juara pertama diraih oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya dan Tata Ruang. Sedangkan juara kedua dan ketiga diraih oleh Rumah Sakit Daerah (RSD) dr. Soebandi dan Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bappemas).  Untuk kategori SKPD tanpa halaman, pemenangnya  diraih oleh Kantor Lingkungan Hidup.

Sedangkan untuk kategori kecamatan, Juara satu, dua dan tiga, diraih oleh Kecamatan Bangsalsari, Patrang dan Puger. Sementara kategori keluarahan, Pemenang pertama, kedua dan ketiga, diraih masing-masing, kelurahan Kaliwates, Kebonsari dan Sempusari. (*)

No Response

Comments are closed.