Lakukan Sesuatu untuk Hutan Demi Kontinuitas Kehidupan

Wakil Bupati Drs. KH. Abdul Muqit Arief bersama Administratur Perhutani KPH Jember Ir. Karuniawan Purwanto Sanjaya bersilaturahmi dengan 51 Kepala Desa.

Silaturahmi untuk memperkuat implementasi Kemitraan Kehutanan ini dilaksanakan di Aula Kantor Perum Perhutani KPH Jember, Selasa (7/11/2017).

Wabup menjelaskan, menyejahterakan masyarakat di wilayah pemangku hutan menjadi tanggung jawab bersama, utamanya pemerintah.

Namun, di sisi lain, masyarakat sekitar hutan harus mampu menjaga fungsi hutan. Sebab, hutan sangat penting untuk kontinuitas kehidupan.

Kepada kepala desa, Wabup berpesan agar tidak lelah dalam menyampaikan kepada masyarakat agar tidak sekedar mengambil manfaat hutan.

“Mereka (masyarakat pemangku hutan) juga diajari apa yang bisa dilakukan untuk hutan agar fungsi hutan tidak sepenuhnya hilang,” ujar Wabup.

Dikemas dengan kalimat tanya, Wabup pun menegaskan pentingnya peran masyarakat penyangga hutan.

“Apa yang bisa kita lakukan untuk hutan kita dalam rangka untuk kontinuitas kehidupan,” tanya pria yang akrab disapa Kiai Muqiet ini.

Lebih jauh ditandaskan, bumi bukan milik generasi saat ini saja, tetapi titipan generasi yang akan datang.

“Apakah kita akan mewariskan bumi yang kering kerontang tanpa sumber air dan semuanya? Mewariskan kehancuran?” tutur Wabup. Bumi yang diwariskan tergantung tindakan saat ini.

Silaturahmi Perhutani dengan 51 kepala desa, masih menurut Wabup, sangat penting. Tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat pemangku hutan, namun untuk kehidupan yang lebih luas.

Administratur Perhutani KPH Jember Ir. Karuniawan Purwanto Sanjaya dalam sambutannya menyampaikan silaturahmi dengan kades dan pengurus LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) untuk mendapatkan masukan agar mempercepat implementasi kemitraan.

Diharapkan kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan LMDH bisa menjadi perhatian di tingkat kementerian.

“Sehingga kerjasama yang dilakukan sah secara hukum,” ungkapnya.

Momen silaturahmi ini juga diisi dengan pembahasan perhutanan sosial, yakni upaya menyamakan persepsi tentang kemitraan kehutanan.

Hadir dalam pembahasan tersebut Kasi Datun Kejaksaan Negeri Jember Achmad Nuril Alam serta perwakilan Bank BNI. (*f2)

No Response

Comments are closed.