Lomba Bernafaskan Keagamaan Meriahkan Peringatan Hari Santri Nasional ke III

Dalam rangka Hari Santri Nasional ke III tahun 2017, yang sebelumnya telah diadakan apel, kirab santri dilanjutkan dengan Musabaqah Qira’tul Kutub Putra yang bertempat di 8 titik lomba,Jumat (17/11/17).

Suasana di dalam halaman Pemkab Jember, hari Jumat (17/11/2017), sedikit berbeda dibanding hari-hari biasanya. Terlihat, santri dari berbagai pesantren di Kabupaten Jember, tampak berkumpul di beberapa titik.

Dari raut wajah terlihat, para santri lagi berbunga-bunga. Mereka seakan begitu menikmati peringatan Hari Santri Nasional ke III, yang memang menjadi bagian dari kesahariannya.

Mereka pun begitu bersemangat untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional ke III. Mulai dari apel, kirab, sampai festival santri yang dikemas dalam kegiatan Musabaqah Qira’tul Kutub Putra.

Untuk kegiatan Musabaqah Qira’tul Kutub Putra, yang dilaksanakan di delapan titik di lingkungan Pemkab Jember, antara lain Tingkat Ulaa atau tingkat dasar Kitab Mukhtashor. Lomba ini dilaksanakan di Aula Bawah Timur Pemkab Jember. Sedang untuk lomba Kitab Safinah Al-Najah, dilaksanakan di Aula Bawah Barat Pemkab Jember.

Untuk lomba Kitab Emrithy, tingkat Wustha atau tingkat sedang, digelar di Musholla Al-Ittihad Pemkab Jember. Lomba Kitab Fathul Qorib di dalam bab ibadah, bertempat di gedung aula Eks BPKAD, dan lomba Kitab Tafsir Jalalain (Al-Qur’an Juz I) bertempat di Hall Praja Mukti Pemkab Jember.

Untuk tingkat Ulya atau dalam pendidikan aliyah, ada 3 cabang yang dlombakan, antara lain Kitab Alfia Ibnu Malik bertempat di Masjid Jami’ Al- Baitul Amien, Kubah Selatan. Lomba Kitab Fathul Mu’ien pada bab ibadah, dilaksanakan di Masjid Baitul Amien, Kubah Selatan, dan Tafsir Munir (Al – Qur’an juz I) di Masjid Jami’ Al Baitul Amien.

Seluruh santri yang mengikuti lomba, berkumpul di beberapa titik sambil berlatih. Secara khidmat mereka mengikuti perlombaan yang digelar.

“Ini tidak hanya perlombaan, tapi memberikan manfaat lebih dan meningkatkan pemahaman al-qur’an dan kitab, utamanya untuk remaja di Kabupaten Jember,” jelas Syafa, Ketua Panitia Peringatan Hari Santri Nasional ke III 2017.

Untuk penentuan pemenang, menurut Syafa, akan diumumkan pada hari Sabtu, 18 November 2017. Bagi peserta yang berhasil meraih juara, mulai dari juara 1, 2 dan 3, selain mendapatkan trophy, juga sertifikat dan uang pembinaan.

“Di hari Sabtu juga akan ada Lomba Orasi Kebangsaan dan Festival Hadrah Kebangsaan Santri Putra,” terang Syafa. (Mutia, Indra GM)

No Response

Comments are closed.