Jember Kota Pandhalungan

Lomba dan Pameran Origami 2015

96 views

origami 3 copyDinas Pendidikan Kabupaten Jember bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember, hari Sabtu (9/5) menyelenggarakan lomba Origami. Lomba origami merupakan seni melipat kertas yang akan diselenggarakan di Jember Sport Garden (JSG) Kec. Ajung Kab. Jember, diikuti oleh anak-anak Sekolah Dasar dan Guru PAUD.

Kegiatan lomba origami ini diselenggarakan dalam rangka hari anak nasional tahun 2015 di kabupaten jember dan hari pendidikan nasional. Lomba ini dibagi menjadi dua kategori yaitu, kategori anak-anak dan Guru / Pendidik PAUD. Lomba berkategori anak-anak bersifat perorangan, peserta murid sekolah dasar sederajad kelas IV s/d V, jumlah peserta sebanyak 1500 anak yang merupakan perwakilan dari 31 kecamatan, berthema Flapping Bird. Lomba berkategori guru bersifat peserta adalah guru pendidik PAUD atau sederajad, jumlah sebanyak 1500 guru merupakan perwakilan dari 31 kecamatan di jember, bertema Japanise Brocade jika perorangan dan Membentuk/merangkai Japanise Brocade jika beregu / team.

Selain lomba origami, ada juga kegiatan pameran origami yang bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) PKPSO Kaliwates Jl. Nusantara Kaliwates – Jember pada tanggal 8 juni sampai 10 Juni 2015. Pameran ini memiliki 12 tema yaitu, garden, Dinosaurus, Insert, Animal, Wild Animal, Tame Animal, Transportasi, Unggas, Jember Origami Community (JOC), Home Decoration , Biota Laut dan Party.

Kegiatan ini diharapkan mampu menghadirkan karya-karya origami yang menarik tidak hanya sebagai ajang mengasah ketrampilan origami, namun mampu meningkatkan kreativitas dalam upaya pengembangan kemampuan kognitif, ketrampilan bekerjasama, membangun komunitas dan menambah nilai sosial dan sekaligus sebagai sarana bermain yang aman, murah, menyenangkan dan kaya manfaat, menciptakan Alat Permainan Educatif (APE) melalui karya sendiri, meningkatkan kreativitas dalam upaya peningkatan pendidikan karakter anak serta meningkatkan ekonomi produktif bagi kelompok masyarakat.

No Response

Comments are closed.