Longsor Sumberbaru, 2 Rumah Hancur, 1 Keluarga Tertimbun Tanah

Hujan deras yang menguyur Lereng Argopuro, hari Senin, 16 Oktober 2017, kemarin, telah membawa korban. Longsor yang terjadi pada sekitar pukul 20.00 itu, di RT 01, RW 05 dan RT 01, RW 01, Dusun Kedungliyer, Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru, mengakibatkan 1 rumah hancur dan 1 rumah hilang tertimbun tanah serta 3 warga dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian.

Pemilik rumah Munari dan 7 anggota keluarganya dinyatakan selamat. Sementara satu keluarga, Saiful (35) beserta isteri Yana (35) dan anaknya Faris (5) sampai tadi pagi masih dalam pencaharian.

Camat Sumberbaru bersama Muspika, dan warga masyarakat, berusaha untuk evakuasi. Masyarakat diminta mewaspadai adanya longsor susulan, sehingga pencarian korban dihentikan sementara kemarin, dan diteruskan mulai tadi pagi.

“Mudah-mudahan ketiga orang yang belum ditemukan, memperoleh keajaiban, sehingga selamat semua,” harap M Yusuf, Camat Sumberbaru.

Hingga pukul 12 malam, Muspika dan petugas Tim SAR yang dibantu masyarakat setempat, masih melakukan pencarian terhadap ketiga korban yang tertimbun tanah. Namun sampai sejauh itu, pencaharian belum menemukan keberadaan ketiga korban yang tertimbun tanah.

“Kami akan meneruskan pencarian korban, sambil mewaspadai adanya lonsor susulan,” tambah Yusuf.

Selain menimbun satu rumah, longsor yang terjadi di Kecamatan Sumberbaru ini, juga mengubur 2 ekor sapi dan 12 ekor kambing milik warga. Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor susulan, 47 jiwa dari 12 KK yang rumahnya dekat dengan tebing untuk sementara waktu diungsikan di balai desa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Jember, pagi ini menurunkan tim untuk melanjutkan evakuasi dan pencarian korban. “Pagi ini kami menurunkan tim TRC TB dengan dibantu Basarnas, TNI, Polri dan Relawan serta masyarakat melanjutkan pencarian korban,” ujar Widi Prasetyo, Plt Kepala BPBD, Kabupaten Jember.

Sementara Dinas Sosial sejak tadi malam langsung sudah mengirimkan bantuan berupa sembako, paket sandang, alat sekolah, alat kebersihan, matras, dan beberapa peralatan yang dibutuhkan warga selama ditampung dalam pengungsian. (Indra GM)

No Response

Comments are closed.