Jember Kota Pandhalungan

LP2M IAIN Lakukan Pemetaan Sosial di Desa-Desa

Launching pemetaan sosial dan GEO desa yang di selenggrakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat (LP2M) IAIN Jember dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief dan Rektor IAIN Jember, Prof. DR. H. Babun Suharto SE. MM.

Acara yang berlangsung di aula perpustakan IAIN Jember, pagi tadi, Selasa (31/05/2016), dilakukan guna menjadi salah satu persyaratan dalam persiapan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Jember pada bulan Juli atau Agustus mendatang.

Pada KKN yang akan datang sekitar 1500 mahasiswa akan di terlibat dalam penelitian ini. Dan mahasiswa tersebut berasal dari fakultas jurusan syariah, tarbiyah, ekonomi islam.

Pemetaan sosial yang nantinya bisa di lakukan oleh mahasiswa KKN, untuk membantu desa yang kesulitan dalam mengukur batas wilayah serta mengindentifikasi data letak komunitas atau data penduduk.

Pada tahun ini mahasiswa KKN IAIN Jember akan di tempat kan di dalam propinsi. Meskipun tahun kemaren penempatan nya di luar propinsi.

“Pada KKN sebelumnya penempatannya sampai di propinsi papua tapi tahun ini mahasiswa KKN di tempatkan dalam kota, meskipun masih ada yang diluar kota sebanyak 25%, dan 75% di kabupaten Jember guna membantu pemerintahan Jember dalam pembangunan,” tutur Rektor IAIN.

Rektor berharap peserta KKN bisa berkontrribusi dalam pembanganun desa sehingga nampak hasil yang bisa di harapkan masyarakat.

Sementara itu dalam sambutannya Wabup menyampaikan, bagaimana kita bisa menyampaikan sesuatu apabila tidak paham apa yang jadi permasalahan masyarakat, apa yang sedang di hadapi. “Dengan adanya pemetaan sosial diharapakan dapat membantu pemerintahan kabupaten Jember dalam mengumpulkan data dan mengetahui secara pasti peta sosial di masyarakat pedesaan,” tuturnya.

Wabup juga mengapresiasi dan menyambut positif kebijakan Rektor tersebut, yang mana merubah wilayah KKN dari luar propinsi ke dalam propinsi, bahkan di kabupaten Jember. (Zikin)

No Response

Leave a reply "LP2M IAIN Lakukan Pemetaan Sosial di Desa-Desa"