Jember Kota Pandhalungan

Maimunah Muqit Pimpin PKK Kabupaten Periode 2016-2021

Istri Wakil Bupati Jember, Hj. Maimunah Muqit MPdi., pagi tadi resmi ditetapkan dan dilantik sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Jember Periode 2016-2021.

Pelantikan yang diselenggarakan pagi tadi Jumat (01/07/2016) di Pendopo Wahya Wibawa Graha Kabupaten Jember, secara langsung dihadiri Bupati Jember, dr. Hj. Faida.MMR., Wabup, Drs. KH A. Muqit Arief, seluruh Kepala SKPD, Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan se-kabupaten Jember dan seluruh pengurus TP PKK yang baru akan dilantik.

Acara berlangsung lancar, dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars PKK. Selanjutnya pembacaan Surat Keputusan, Pembacaan Naskah pelantikan oleh Bupati Jember dan diikuti seluruh pengurus yang dilantik.

Tim Pemberdayaan dan Penggerak Kesejahteraan keluarga PKK Kabupaten Jember periode 2016-2021 menurut Bupati Faida mempunyai tugas antara lain menyusun Rencana dan menjabarkan hasil prakerja dalam kesejahteraan keluarga PKK, dan 10 program pokok PKK.

Selanjutnya memberikan petunjuk dan pembinaan dalam pelaksanaan program, melakukan monitoring visi dan misi pimpinan serta memberikan tanggapan dalam pelaksanaan program PKK.

“Selanjutnya melaksanakan bentuk administrasi sesuai ketentuan, melaksanakan upaya-upaya, meningkatkan pengelolaan gerakan PKK dan kinerja, serta menerima, mengolah laporan tahunan kepada tim Penggerak PKK provinsi dan Kabupaten,” tuturnya.

Disampi hal-hal tersebut, juga mengadakan konsultasi dengan Ketua dan tim pembina, mengadakan kerjasama dengan mitra kerja sesuai ketentuan yang ada yang saling menguntungkan.

Ketua TP PKK yang baru dilantik, yang juga istri Wabup, menegaskan bahwa dirinya siap mengemban amanah yang tidak ringam tersebut. Menurutnya, banyak program yang harus dilaksanakan dan harus ada sinergitas dengan stake holder yang ada. Termasuk sebagai bagian mewujudkan janji kerja Bupati dan Wabup sesuai dengan bidang dan kemampuan pengurus dan anggota PKK.

Sementara susunan Pengurus TP PKK kab Jember periode 2016-2021 sebagai berikut ; Ketua, Ny.Hj Maimunah Muqit ,M.Pd.I., Wakil Ketua, Ny. Nurul Afida Spd, Sekretaris, Tri Ningtias, Wakil Sekretaris, Ny. Eko Tri Handayani, Wakil Bendahara Ny. Ruri Trihapsari.

Usai membacakan sambutan dan melantik pengurus PKK baru, Bupati Jember menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada pengurus PKK yang baru. “Insyaallah jalannya PKK kedepan menjadi lebih baik, dengan kombinasi baru, sinergi baru, diharapkan dapat memberikan energi baru, semangat baru,” jelas Bupati.

Dan diharapkan dengan kombinasi pengalaman senior-senior yang malang melintang di dunia PKK, juga menambah lengkap kinerja penguris kedepannya. Tidak ada satupun yang diragukan bahwa peran PKK bukanlah hanya kumpulan ibu-ibu yang kumpul saja, tetapi berbuat sesuatu, peran PKK dikabupaten Jember ini sangat signifikan.

Untuk itu kepengurusan yang sekarang Bupati berharap programnya PKK dapat disinergikan dengan Programnya kabupaten Jember, PKK mengambil peran sesuai visi misi, sejalan dengan visi misi pemkab jember, dan kegiatannya dapat saling menguatkan dan saling menyukseskan, dan PKK dapat melayani Masyarakat di Jember.

PKK sangat berperan penting dalam permberdayaan kesejahteraan keluarga, PKK gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah oleh wanita khususnya para ibu sebagai pengeraknya, tujuannya mewujudkan keluarga sejahtera, keluarga yang mampu menciptakan keselarasan dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin, keluarga sejahtera dan PKK unit kecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan, apabila semua bekerja dan mewujudkan tata kehidupan yang kehidupannya harmonis, tentu akan terimplikasikan pada masyarakat khususnya di Jember.

PKK dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dalam progam keluarga berencana, menuju masyarakat yang maju, mandiri, demokratis, partisipatif, dan sadar hukum. Untuk itu menjadi tugas mulia tim penggerak PKK kabupaten untuk terus memotivasi, membimbing dan membina tim dalam berdayaguna melaksanakan tugas dan funsinya masing masing. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Maimunah Muqit Pimpin PKK Kabupaten Periode 2016-2021"