Jember Kota Pandhalungan

Malam Inagurasi SMPN 2 Bupati, “Pendidikan Gratis Tanggungjawab Pemerintah”

Bupati Jember, Dr. Hj. Faida, MMR., menegaskan bahwa pendidikan gratis sudah tidak bisa ditawar lagi, dan wajib berlaku di semua sekolah mulai program tersebut dicanangkannya. Hal ini disampaikan saat menghadiri Malam Inagurasi penyerahan siswa kelas 7 dari orang tua kepada pihak sekolah dan pelantikan anggota OSIS SMP Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2016/2017 pada Sabtu malam (23/7/2016).

Pada acara yang di hadiri oleh Komandan Kodim 0824, Letkol Inf. Mohamad Nas, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, serta wali murid siswa SMPN 2 Jember itu, Bupati menyampaikan pola pendidikan gratis tersebut sudah diprogram secara apik. “Jika sebelumnya biaya pendidikan sebagian menjadi tanggungjawab orangtua siswa, sejak program ini dicanangkan, maka menjadi tanggungjawab pemerintah,” tegasnya.

Jadi tidak ada lagi pungutan-pungutan yang memberatkan, pemerintah bertanggungjawab penuh terhadap program tersebut. “Jangan khawatir kualitas juga menurun, karena hanya polanya yang dirubah, program masing-masing sekolah tetap harus jalan,” imbuhnya.

Sementara, orang tua siswa juga jangan hanya berpangku tangan saja, harus berkoordinasi, bersinergi dengan guru dan pihak sekolah, jangan hanya menyerahkan anak kepada sekolahtanpa berperan sama sekali. Tanpa sinergi semua pihak maka program sebagus apapun belum tentu berjalan dengan baik, belum tentu out putnya juga baik.

“Saya malah curiga, kalau ada masyarakat atau orang tua siswa yang tidak mendukung pendidikan gratis, program bagus seperti ini kok tidak didukung, jangan-jangan selama ini ikut jualan-jualan,” sindir Bupati kepada sejumlah pihak yang selama ini menolak dan mencemooh pendidikan gratis yang dicanangkannya.

Selanjurnya, secara khusus Bupati Faida mewakili orangbtua siswa menyampaikan syukur alhamdulillah. “Alhamdulillah, sama seperti orang tua yang lain akhirnya mengucap syukur ketika anaknya sudah mendapatkan pendidikan (sekolah), Yang paling membahagiakan buat saya adalah SMPN 2 ini, mempunyai visi yang sudah tepat, bukan prestasi dinomor satukan, bukan hal-hal lain yang ditulis pertama dalam vis, tetapi berakhlak mulia, sungguh visi yang luar biasa bagus, tidak salah kalau kita mempercayakan anak kita sekolah disini,” ucapnya.

Bupati juga mengajak bersama-sama seluruh wali murid bersinergi dan membantu sekolah, karena sejatinya minitipkan anak ke SMP itu bukan menyerahkan sepenuhya tanggugjawab pendidikan kepada sekolah, kepada kepala sekolah juga kepada para guru, tentu ini tanggung jawab bukan hanya sekolah siswa tapi juga wali murid bahkan masyarakat sekitar.

Selain itu, Bupati juga berpesan kepada orang tua, jangan karena dulu tidak bisa di capai orang tuanya, maka orang tua ingin di lanjutan oleh anak-anaknya semua cita-cita itu. Bupati mengajak wali murid yang hadir pada acara tersebut untuk menerima anak nya apa adanya. “Beri mereka kesempatan tumbuh sebaik-baiknya bahwa mereka terlahir membawa minatnya sendiri-sendiri orang tua akan menemukan potensi terbaik dari anak-anak dan saya titip kepada kepala sekolah para murid dan komite yang ada disini bahwa apapun yang di upayakan yang di yakini terbaik untuk anak-anak kita janganlah lupa bahwa anak kita perlu melalui hari-harinya di sekolah ini agar tetap bisa berbahagia dan tetap tersenyum pulang tetap ceria meskipun tugas PR sangat banyak.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 2 Jember, Drs. Eko Budiono Msi. Menegaskan bahwa sekolahnya siap menjalankan semua program pemerintah yang sudah berjalan. Namun disisi lain pihaknya tetap berharap orang tua siswa tidak berpangku tangan, sekolah masih membutuhkan banyak hal, termasuk bantuan dari orang tua, mulai dari dukungan bimbingan terhadap anak dirumah atau diluar jam sekolah, hingga dukungan berupa hal lain untuk memperlancar program sekolah. “Apalagi sekolah mempunyai program pembangunan jembatan yang menyambungkan gedung lama dengan gedung baru, sekolah juga punya program study banding kenluar kota serta keluar negeri, dan semua itu tetap kami memebutuhkan bantuan dari pihak-pihak lain,” ujarnya.

Usai mendengarkan sambutan-sambutan dari Bupati dan Kepala Sekolah, acara dilanjutkan dengan penyerahan siswa kepada pihak sekolah yang diwakili Bupati Faida kepada Kepala Sekolah.

Yang kemudian bersambung ke acara penyerahan bendera, dan menyalakan lilin. Suasana menjadi sakral dan religi, ketika semua lampu dimatikan dan diganti dengan nyala lilin yang dipegang oleh peserta didik baru, siswa kelas 7. Apalagi diiringi dengan lagu nasional yang cukup menyentuh, serta dibacakan do’a dan renungan sebagai wujud syukur dan penyerahan diri kepadaNya, dengan harapan semua siswa dan pendidikan lebih baik kedepannya.

Kemudian acara di tutup dengan penampilan berbagai atraksi seni budaya kreasi siswa baru, pelantikan OSIS SMP Negeri 2 Jember dengan membaca janji OSIS juga degan letupan kembang api. Dengan acara lanjutan yaitu pemberian hadiah kepada pemenang lomba dan beberapa di antaranya pemenang lomba IPA, Matematika, Bahasa Inggris. (Izza)

No Response

Leave a reply "Malam Inagurasi SMPN 2 Bupati, “Pendidikan Gratis Tanggungjawab Pemerintah”"