Campak Rubella

STIE Mandala

2233 views

SEJARAH PERKEMBANGAN STIE MANDALA
Tahun 1978 Yayasan Mandala mendirikan perguruan tinggi bernama Akademi Bank dan Manajemen ABM Mandala pada tanggal 20 Pebruari 1978.
Kampus pertama bertempat di SMP Muhammadiyah jl. Moch. Srudji I/27 Jember. Pada Tahun 1981 pindah ke Kampus sendiri di Jl. MH. Thamrin 144 Jember (sekarang Jl. Sumatera 118 – 120 Jember). Pada tahun yang sama pula diperoleh status terdaftar dari Mendikbud dengan SK Mendikbud No. 039/O/1981, yakni untuk jurusan Manajemen Perusahaan dan Jurusan Perbankan.
Tahun 1985, Akademi Bank dan Manajemen berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala dengan dua jurusan, yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan yang disahkan dengan SK Mendikbud No. 070/O01985 tanggal 18 Pebruari 1985.
Tahun 1986 diperoleh status Terdaftar bagi jurusan Manajemen dan Ilmu Ekonomi dan Tsudi Pembangunan pada program S-1 dengan SK Mendikbud No. 0395/O/1986 tanggal 23 Mei 1986. Serta ditambah program Diploma 3, yaitu Jurusan Manajemen Perusahaan dan Jurusan Manajemen Keuangan dan Perbankan.
Tahun 1990 diperoleh status Diakui melalui SK Mendikbud No. 0298/O/1990 untuk jurusan Manajemen dan jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Pada tahun yang sama telah dikeluarkan status Terdaftar untuk jurusan yang baru dibuka, yaitu jurusan Akuntansi dengan SK Mendikbud No. 0203/O/1990.
Pada tahun 1990 dibuka dua lembaga kursus untuk menunjang kompetensi mahasiswa dimaksudkan untuk menciptakan Sarjana Plus bagi lulusan Mandala, yaitu Mandala English Course (MEC) dan Divisi Kursus Komputer Mandala (Dikkom).
Tahun 1992 dibuka laboratorium Bank Mini atau Laboratorium Perbankan atas sumbangan dari Bapak H. Moch. Noer (mantan Gubernur Jawa Timur) dan diresmikan oleh beliau. Laboratorium Bank Mini dalam pengelolaannya merupakan kerjasama dengan Bank BNI 1946 wilayah Jawa Timur.
Tahun 1993 diajukan pembaharuan status bagi program diploma 3 berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 275/Dikti/Kep/1993 tanggal 10 Mei 1993 dengan predikat status Terdaftar.
Tahun 1995 terdapat perubahan kebijakan yang mengharuskan lembaga perguruan tinggi diakreditasi oleh lembaga independen bentukan Departemen Pendidikan Nasional, yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahun 1997 diajukan dokumen akreditasi untuk prodi Akuntansi, sehingga setahun kemudian diperoleh status TERAKREDITASI untuk program studi Akuntansi dengan SK BAN-PT. Depdikbud No. 02/BAN-PT/AKII/XII/1998.
Tahun 2000 diusulkan ke BAN-PT untuk program studi Manajemen dan Program studi Ekonomi Pembangunan hingga memperoleh status AKREDITASI dengan SK BAN PT Depdiknas RI No. 023/BAN-PT/AK-IV/IX/2000.
Tahun 2001 dibuka kelas ekstensi untuk program S-1 program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi, yaitu kelas intensif dan kelas eksekutif. Hal ini dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan pendidikan yang semakin tinggi, terutama bagi mereka yang telah bekerja. Dalam perkembangannya, kelas ekstensi dirubah menjadi kelas reguler malam, karena beberapa kelebihan yang dimiliki kelas reguler malam dibandingkan kelas ekstensi, yaitu kelas ekstensi STIE Mandala menggunakan kurikulum yang sama sebanyak 147 SKS dengan proses perkuliahan 5 (lima) hari seminggu.
Tahun 2002 program Diploma 3 memperoleh status TERAKREDITASI dari BAN-PT berdasarkan SK BAN-PT Depdiknas No. 001/BAN-PT/AK-I/DPL/III/2002. Pada tahun ini juga diperoleh hibah kompetisi Semi-Que IV untuk jurusan Manajemen untuk pendanaan tahun pertama.
Tahun 2003 program studi Akuntansi telah direakreditasi oleh BAN PT dan mendapat status TERAKREDITASI C dengan SK BAN-PT Depdiknas No. 005/BAN-PT/AK-VI/S-1/III/2003. Pada tahun ini juga diperoleh hibah kompetisi Semi-Que IV tahun kedua untuk jurusan Manajemen.
Tahun 2004 telah digalakkan kepada semua program studi untuk memperebutkan hibah kompetisi dari Dirjen Dikti Depdiknas, berupa program PHK A-1, tetapi masih belum lolos dalam seleksinya. Pada tahun ini telah dilakukan reakreditasi untuk program studi Manajemen berdasarkan SK BAN PT Depdiknas No. 01/BAN-PT/AK-VII/S-1/IV/2004 dengan nilai ”B”.
Tahun 2005 kembali semua program studi berlomba untuk meraih hibah dari Dirjen Dikti. Program Studi Akuntansi mengusulkan PHK A-1 sedangkan program studi Manajemen mengusulkan PHK A-2, lagi-lagi belum bisa lolos dalam seleksi awal. Pada tahun ini dilakukan reakreditasi program studi Ekonomi Pembangunan dan memperoleh status TERAKREDITASI C berdasarkan SK BAN-PT Depdiknas No 008/BAN-PT/AK-IX/S-1/VI/2005. Tahun 2005 untuk pertama kalinya dilakukan penandatanganan kerjasama dengan PINLAB’S (Pusat Informasi dan Layanan Bahasa) Universitas Airlangga Surabaya dalam bidang program pelatihan bahasa dan ujian TOEFL.
Tahun 2006 kembali semua program studi berlomba untuk meraih hibah dari Dirjen Dikti. Program Studi Akuntansi mengusulkan PHK A-1 sedangkan program studi Manajemen mengusulkan PHK A-2, Proses seleksi tahun 2006 ini membuahkan hasil bagi program studi Akuntansi, yaitu pendanaan PHK A-1 tahun 2007 dan 2008, sedangkan untuk prodi Manajemen hanya sampai pada seleksi tahap sitevisit.
Untuk mengembangkan laboratorium Perbankan, tahun 2006 dilakukan kerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Jember dalam hal pelatihan dan pemagangan mahasiswa, terutama untuk program Diploma 3 program studi Manajemen Keuangan dan Perbankan.
Tahun 2007 dilakukan kerjasama dengan Univ. Jember dalam upaya mengembangkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki kedua belah pihak. Dilain pihak, telah diperoleh dana hibah melalui PHK-TIK K-3 yang digunakan untuk mengembangkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi serta mengembangkan konten pembelajaran berbasis e-learning yang dikembangkan sejak awal tahun 2007.
Tahun 2008 dilakukan kerjasama dengan Politeknik Negeri Jember dalam upaya memanfaatkan SDM pada masing-masing lembaga terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tahun ini juga dilakukan kerjasama dengan STIE Malangkucecwara dalam bidang pemanfaatan fasilitas kuliah jarak jauh menggunakan teleconference, sehingga mahasiswa masing-masing perguruan tinggi bisa mengikuti kuliah di kedua perguruan tinggi tersebut dan dapat
diakui sebagai kredit semester yang bersangkutan (program distance learning).
Hibah untuk pengambangan jiwa enterpreneur mahasiswa juga diperoleh melalui hibah kompetisi dari Direktorat Kelembagaan Dirjen Dikti Depdiknas pada tahun 2008, yaitu program Co-op (…..).
Tahun 2009 banyak hibah diperoleh oleh STIE Mandala, antara lain hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program Co-op tahun kedua, dan Program Pelatihan Pengembangan Kecerdasan Holistik bagi mahasiswa. Selain itu, pada yahun ini juga mengikuti seleksi hibah kompetisi dari Dirjen Dikti, dan lolos dalam proses seleksi proposal awal.

VISI
Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan tinggi berkualitas, mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang cerdas, santun, berkarakter, berjiwa entrepreneur, dan profesional.
MISI
1.    Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar berbasis penelitian
2.    Mendorong Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat secara profesional dan bertanggung jawab
3.    Mewujudkan tata kelola yang baik dan benar menuju good university governance (GUG)
4.    Mengembangkan jejaringdengan stakeholder sebagai bentuk tanggung jawab sosial (University social responsibility)
TUJUAN
Berdasarkan visi dan misi tersebut, tujuan yang akan dicapai adalah:
1)    Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dan berkarakter serta profesional dibidang entrepreneur dan ekonomi. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu, pengetahuan dan teknologi. Menguasai berbagai keterampilan dan mampu menerapkannya dalam praktek dunia bisnis.
2)    Menghasilkan dan menerapkan hasil-hasil penelitian.
3)    Mengembangkan kehidupan akademik admosfer yang kondusif.
4)    Meningkatkan perilaku kerja dan profesionalisme.
5)    Meningkatkan efisiensi dan efektivitas struktur organisasi dan unit terkait.
6)    Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses tata kelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi menuju good university governance (GUG).
7)    Mengembangkan sistem informasi akademik dan keuangan perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi menuju good university governance (GUG).
8)    Memperluas jaringan kerjasama dan peningkatan kepedulian terhadap lingkungan.
9)    Mewujudkan pembelajaran pendidikan tinggi yang kreatif dan adaptif terhadap lingkungan, baik lokal, regional, nasional, maupun global.
10)    Meningkatkan layanan administrasi terpadu berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan mengedepankan kepuasan stakeholder dan profesionalisme yang tinggi, didukung teknologi informasi dan komunikasi.
11)    Menghasilkan  lulusan yang memiliki kemampuan softskills dan kemampuan entrepreneurship yang  sesuai dengan kebutuhan pasar.
12)    Meningkatkan pencitraan dan performance kelembagaan dan civitas akademika melalui pengembangan kegiatan kemahasiswaan.

Profil Dosen Luar Biasa
Dosen luar biasa yang mengajar di STIE Mandala berasal dari bergagai profesional yang bewrkompeten dalam bidangnya. Upaya untuk mendatangkan dosen luar biasa dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi maupun BUMN dan BUMS yang ada di Jember, termasuk dari pengusaha kecil yang berhasil dan perkembangannya sangat pesat. Antara lain dari eksportir, kontraktor, perbankan, pengusaha retail, dan manufaktur makanan khas Jember.
Jika dilihat dari jenjang pendidikan, dosen luar biasa telah lebih banyak yang berpendidikan S-3 sebanyak 41%, berpendidikan S-2 sebanyak 29%, dan sisanya berpendidikan S-1 sebanyak 30%.
Upaya untuk meningkatkan jiwa entrepreneur bagi mahasiswa dan meningkatkan ketrampilan dalam memasuki dunia kerja, adalah dengan mendatangkan para profesional dan alumni yang telah berhasil dalam berwirausaha maupun telah mencapai jenjang jabatan tertentu di perusahaan atau instansi Pemerintahan.
Dosen luar biasa yang telah memiliki jabatan fungsional sudah cukup banyak. Guru besar sebanyak 12%, Lektor kepala sebanyak 12%, Lektor sebanyak 47%. sedangkan yang hanya berstatus tenaga pengajar sebanyak 12% dan tenaga profesional sebanyak 17%. Keadaan ini dalam masa datang akan diupayakan berangsur-angsur tenaga profesional lebih ditingkatkan dalam upaya untuk mendukung pembelajaran softskill, sehingga tujuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berjiwa entrepreneur dapat segera dicapai.

DAFTAR DOSEN LUAR BIASA

NO    NAMA    NIP    JENJANG PENDIDIKAN    JABATAN FUNGSIONAL
1.    Ismail Marzuki, SE.MM        S2    –
2.    Sumedi S.Pert        S1    –
3.    Bambang Sri Kaloko, ST.MT        S2    Lektor
4.    Sujarwo, ST        S1    –
5.    Ir. Dwi Djumhariyanto        S1    Lektor
6.    Acmad Maududi. M.Sc        S2    Lektor
7.    M. Ghozali, ST.MT        S2    Lektor
8.    Drs. Djohan Deretah        S1    –
9.    Ike Febrianti, ST        S1    Lektor
10.    Ida Ayu Nursanti, SE.Ak        S2    –
11.    Prof. Dr. Babun Suharto, SE, MM        S-3    Guru Besar
12.    Prof. Dr. Moch. Saleh, SE, M.Sc        S-3    Guru Besar
13.    Dr. Imam Suroso, SE, M.Si        S-3    Lektor
14.    Dr. Mohammad Dimyati, SE, M.Si        S-3    Lektor
15.    Dr. Ir. R. Abdoel Djamali, M.Si        S-3    Lektor
16.    Dr. Hari sukarno, Se, MM        S-3    Lektor Kepala
17.    Dr. Ir. Bagus P. Yudha K., MP        S-3    Lektor Kepala
Profil Dosen Tetap Yayasan
Dosen Tetap Yayasan merupakan dosen yang diangkat dan digaji oleh Yayasan. Rekruitment dosen tetap yayasan telah dilakukan sejak tahun 1987 sampai akhir tahun 1997. Jumlah dosen tetap Yayasan sebanyak 24 orang dengan spesifikasi sebagai terlihat dalam tabel 1.
Komposisi Dosen Tetap yayasan jika dilihat dari jenjang pendidikan lebih banyak yang memiliki jenjang pendidikan S-2, yaitu 67% dari total dosen yayasan. Sedangkan sisanya, yaitu sebanyak 33% masih berpendidikan S-1. Keadaan ini diupayakan untuk dapat melanjutkan pendidikan Pascasarjana sesuai dengan minat studi dalam program studinya masing-masing.
Dosen tetap yayasan yang masih berpendidikan S-1, sekarang (2010) sedang menyelesaikan pendidikan pascasarjana sebanyak 4 orang. Upaya untuk mendorong peningkatan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dilakukan melalui berbagai fasilitas beasiswa dari Dikti maupun disediakan oleh yayasan.
Apabila dilihat dari jabatan fungsionalnya, maka dosen tetap yayasan telah memenuhi syarat sebagai Dosen, karena seluruh dosen telah memiliki jabatan akademik, mulai dari Asisten Ahli sampai dengan Lektor Kepala.
Dosen tetap yayasan yang telah memiliki jabatan akademik lektor kepala, sebanyak 33%, dan Lektor sebanyak 29% kemudian asisten ahli sebanyak 25% dari seluruh dosen tetap yayasan. Sedangkan sisanya sebanyak 13% masih berstatus tenaga pengajar. Upaya untuk mendorong supaya dosen meningkatkan jabatan akademiknya telah dilakukan dengan berbagai cara, antara lain menyediakan data, membantu mengoreksi berkas, mengirimkan ke Kopertis termasuk juga biaya yang dibutuhkan dalam mempersiapkan jabatan akademik. Sampai dengan tahun 2010 Dosen Tetap Yayasan yang telah mendapatkan sertifikasi dosen sebanyak 8 orang dosen. Untuk tahun 2011 akan menyusul sebanyak 7 orang dosen yang telah memasuki proses seleksi portofolio.
Jika dilihat dari usia, maka sebagian besar dosen tetap yayasan telah berusia > 40 tahun, hanya 1 orang dosen yang berusia < 40 tahun. Untuk itu dalam lima tahun kedepan perlu ada regenerasi yang juga harus memperhatikan dengan kebutuhan masing-masing prodi yang ada di STIE Mandala.

DAFTAR NAMA DOSEN TETAP YAYASAN BESERTA HOMEBASE SESUAI DENGAN NIDN
Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

NO    NAMA    NIK    JENJANG PENDIDIKAN    JABATAN FUNGSIONAL    Home Base
1.    Drs. Sukusni. MSc        S2    Lektor Kepala    Prodi Akuntansi
2.    Drs. Noor Alie SU.Ek        S2    Lektor Kepala    Prodi Manajemen
3.    Drs. H. Hakim Malik        S1    Lector Kepala    Prodi Diploma
4.    Drs. Agustin HP, MM    090001019    S2    Lektor Kepala    Prodi Manajemen
5.    Drs. Muhamin Dimyati, M.Si    087007011    S2    Lektor Kepala    Prodi Manajemen
6.    Suwignyo Widagdo, SE, MM    095001049    S2    Asisten Ahli    Prodi Manajemen
7.    Drs. Karim Budiono, MP    087009015    S2    Lektor Kepala    Prodi Manajemen
8.    Drs. Wahyu Sigit Q    087007010    S1    Lektor    Prodi Ek. Pembangunan
9.    Drs. Farid Wahyudi, M.Kes    089001017    S2    Lektor    Prodi Ek. Pembangunan
10.    Dra. Sunarsih, MP    090001018    S2    Lektor Kepala    Prodi Ek. Pembangunan
11.    Dra. Diana Dwi Astuti, M.Si    090008023    S2    Lektor    Prodi Akuntansi
12.    Dra. Haifa, MM    092001027    S2    Lektor    Prodi Manajemen
13.    Drs. Bagus QRE    098010054    S1    Asisten Ahli    Prodi Manajemen
14.    Drs. Zainollah, M.Si    093001035    S2    Lektor    Prodi Diploma
15.    Hary Sulaksono,SE, MM    092008034    S2    Lektor Kepala    Prodi Manajemen
16.    Drs. Edi Turjono    092008033    S1    Lektor    Prodi Akuntansi
17.    Dra. Ratih Rakhmawati    093005042    S1    Asisten Ahli    Prodi Akuntansi
18.    Dra. Yani Dahliani, MM    093012046    S2    Asisten Ahli    Prodi Diploma
19.    Drs. Amin Pudjonarso    096002053    S1    Asisten Ahli    Prodi Manajemen
20.    Hamzah Fansuri, SE.MM    098010056    S2    Lektor    Prodi Akuntansi
21.    Ida Norhayati, SE.M.M.SA    006009060    S2    Asisten Ahli    Prodi Akuntansi
22.    Daru Anando, SE.Ak        S1    –    Prodi Akuntansi
23.    Rs. Dewanto, Ak        S1    –    Prodi Akuntansi
24.    Mery Victoria,SE        S1    –    Prodi Akuntansi
C. Profil Program Studi
C.1 Jenjang Pendidikan
STIE Mandala Jember memiliki 3 Jenjang Pendidikan, yaitu :
1) Program Strata 2 (S-2) Pascasarjana
2) Program Strata Satu (S-1)
3) Program Strata Nol (S-0) atau diploma Tiga (D-3).
C.2 Program Studi Pada Program Pasca Sarjana
Program Studi Magister Manajemen
1) Konsentrasi Manajemen Keuangan
2) Konsentrasi Manajemen SDM
3) Konsentrasi Manajemen Pemasaran
C.3 Jurusan dan Program Studi pada Program Strata 1
1) Program Reguler Pagi dengan 3 juruan :
a) Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen
??Minat Studi Manajemen Bisnis
??Minat Studi Manajemen Informatika.
b) Jurusan Akuntansi Program Studi Akuntansi
c) Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Ekonomi Pembangunan
??Konsentrasi Ekonomi Regional
??Konsentrasi Agribisnis
??Konsentrasi Kebijakan Ekonomi Publik
2) Program Reguler Siang dengan program studi :
a. Manajemen
b. Akuntansi
3) Program Reguler Malam dengan program studi :
a) Manajemen
b) Akuntansi
C.4 Jurusan dan Progran Studi pada Program Diploma 3
Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen Keuangan & Perbankan.
A. Profil Pengelola Yayasan
A.1 Badan Pembina:
Ketua : Drs. H. Sukusni, M.Sc
Sekretaris : Drs. H. A. Hakim Malik
Bendahara : Drs. H. Noor Alie, SU.Ek
A.2 Badan Pengawas
Ketua : Drs. H. Baharudin Rosid
Anggota : Ach. Maududi, ST, MT
A.3 Pengurus Yayasan:
Ketua : Dr. Kahar Muzakhar, S.Si
Sekretaris : Ir. Bumantara Firmansah
Bendahara : Moch. Fendy Furqoni, ST
B. Profil Pengelola Sekolah Tinggi
B.1 UNSUR PIMPINAN
Ketua : Dra. Agustin Hari Prasetyowati, MM
Pembantu Ketua I : Drs. Muhaimin Dimyati, M.Si
Pembantu Ketua II : Dra. Yuniorita Indah Handayani, MBA
Pembantu Ketua III : Soewignyo Widagdo,SE, MM
B.2 SENAT
Ketua : Ketua STIE. Mandala
Sekretaris : Pembantu Ketua II
Anggota : 1. Pembantu Ketua I 9. Drs. Didik Sudibwo
2. Pembantu Ketua III 10. Dra. Yuniorita Indah H,MBA
3. Kejur. Studi Manajemen 11. Dr. Gatot Sugeng P, MS
4. Kejur. Akuntansi 12. Dra. Sunarsih, MP
5. Ketua Prodi D3 14. Dra. Ratih Rahawati
6. Drs. Baharudin Rasyid 15. Agus Salim, SH
7. Drs. Hakim Malik
8. Dr. Kahar Muzakar

Download Logo HUT RI 72
No Response

Comments are closed.