Manfaatkan Sungai Bedadung, Pokdarwis Lombakan Dayung Perahu Karet

Sadar dengan potensi alam di sekitarnya, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, menggelar lomba.

Uniknya, lomba ini baru pertama digelar di Jember: lomba dayung pakai perahu karet.

“Bukan perahu kayu seperti biasanya,” kata Satuki, Camat Rambipuji, di pinggir Sungai Bedadung, Jum’at (10/8/2018). “Pertama kali diadakan di Jember,” lanjutnya.

Satuki mengungkapkan, lomba ini untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan I ke-73. Sekaligus untuk menumbuhkan semangat pemuda, terutama pemuda di Desa Kaliwining.

Terkait penyelenggaraan yang pertama kali, Satuki menilai masih banyak hal yang perlu mendapat perhatian untuk perbaikan. Diantaranya kebersihan sungai.

Terkait kebersihan sungai, Satuki mengungkapkan akan ada kegiatan Susur Sungai. Aktifitas yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah membersihkan sampah di sungai.

Aktifitas lainnya yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar sungai agar tidak membuang sampah di sungai. Sebab, sampah di sungai bisa menyebabkan banjir, longsor, dan menimbulkan penyakit.

“Lomba dayung kedepan akan dikembangkan lagi. Tempat akan menyusul dan diperindah,” uijar Satuki.

Ketua Pokdarwis Desa Kaliwining M. Rifki Fajar menyatakan, dalam jangka panjang lomba mendayung ini dapat mengenalkan potensi yang ada di Desa Kaliwining.

“Lomba mendayung ini diikuti 32 kelompok peserta dari  beberapa kecamatan lain, Rumah Sakit Bina Sehat, instansi bank, dan masyakarat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jember, Dedi M. Nurahmadi, SP. M.Si. mengatakan, lomba mendayung ini dilaksanakan untuk mengkreasikan diri, memanfaatkan potensi alam yang ada untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi.

“Salam hangat dari Bupati Jember untuk masyarakat Kaliwining  dan Rambipuji. Bupati sangat respek terhadap inovasi, kreasi masyarakat ,” ujarnya.

Bupati Faida, lanjutnya, menginginkan potensi sumber daya alam dapat dijadikan suatu usaha ekonomi pariwisata, sehingga upaya tersebut dapat juga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Lomba mendayung ini bisa sebagai destinasi wisata dan pengembangan olahraga tradisional yang menyehatkan maupun olahraga prestasi. “Semakin banyak mendayung, semakin sehat,” tuturnya. (mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Manfaatkan Sungai Bedadung, Pokdarwis Lombakan Dayung Perahu Karet"