Jember Kota Pandhalungan

Mayoritas Fraksi Dukung RPJMD

Rapat sidang paripurna lanjutan DPRD yang bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Jember siang tadi, Sabtu (16/7/2016) yang dihadiri oleh Bupati Jember, dr. H. Faida,MMR., Wabup Jember, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Plt. Sekda, forkompimda, Penggerak PKK, Mahasiswa UT, Penyandang Difabel, dan Perwakilan Masyakat.

Hampir dari seluruh pandangan umum fraksi menyatakan dukungannya kepada program yang disampaikan eksekutif yang dalam hal ini telah disampaikan oleh Bupati Jember. Hal ini menjadi indikator positif akan pembangunan Jember kedepan semakin baik.

Bagaimanapun pembangunan di Jember memerlukan sinergitas dari seluruh komponen yabg ada, khususnya eksekutif dan legislatif.

Pandangan umum fraksi diawali oleh Fraksi Gerinda yang menayatakan dalam RPJMD, Fraksi Gerinda melihat 8 gerak, tidak banyak mengalami peningkatan, selama 5 tahun hanya ditargetkan 7% seluruh masyarakat menginginkan Jember baru Jember bersatu menuju masyarakat makmur, sejahtera dan mandiri yang tidak hanya menjadi slogan.

Realisasi anggaran berikutnya, itu hak mereka yang berharap, jika ada anggaran untuk meningatkan pendidikan, sarana dan prasarana. Membuat Konsep yang tidak membingungkan masyarakat. Perlu ditanyakan, dokter, PNS dari mana lagi untuk 50 puskesmas, akan lebih baik untuk pelayanan puskesmas, fasilitas sarana puskesmas, angka pengangguran masih cukup tinggi. Musuh terbesar bukan teroris, musuh sebenarnya adalah pengangguran di Jember, upaya meningkatkan tingkat pertahan pangan belum mengusulkan agar ketahan pangan ditingkatkan.

Kemudian dikanjutkan oleh Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan, mengawal, mengamankan kebijakan kebijakan, mengajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupn bangsa, mencerminkan cita-cita Nasional. PDI berterimakasih,kerja keras mewujudkan Jember baru Jember bersatu, mau dan sanggup bekerja sebagai tugas kita bersama. 22 janji benar benar terwujud. Melakukan identifikasi, valuasi RPJMD, memaksimalkan program. PDI Senantiasa bersatu lagi bahu membahu dengan semangat bersama gotong royong akan terwujud.

Sedangkan Fraksi Partai Keadilan (PKS), menyampaikan tingkat kemiskinan, pengangguran menunjukan kenaikan, mempunyai tekat keinginan kuat membuat Jember baru, apresiasi dari PKS untuk tekad Bupati dan Wabup meminta pendidikan gratis, perencanaan yang matang, terukur dan tidak tergesah-gesah, perencanaan yang matang akan menghasilkan yang bagus, pendanaan pendidikan pemerintah pusat, daerah dan masyrakat. Pemberantasan buta huruf pendidikan gratis tidak menurunkan output dari pendidikan itu sendiri, untuk kesehatan perbaikan sarana dan sarana, pelayanan di masjid-masjid ditinjau ulang, posyandu perlu mendapat perhatian yang lebih serius dalam sarana dan prasarana, insentif guru ngaji belum ada kepastian dicairkan karena sudah menjadi hak guru ngaji, menaikkan insentif guru ngaji 3x lipat segera dilaksanakan di tahun 2017. Perlu adanya sinergitas, bukan hanya tataran mimpi, berani merintis hasil pertanian. Terobosan baru untuk percontohan desa wisata, Wisata Religi perlu penggarapan yang serius.

Hampir seirama dengan Fraksi PDI-P, Fraksi Nasdem terhadap nota pengantar tentang RPJMD, juga menyatakan hal positif. RPJMD merupakan terobosan baru bentuk nyata, baru saat ini dalam rapat RPJMD masyarakat dilibatkan, pendidikan gratis meningkatkan beban wali murid, infrasturuktur jalan, sepakat adanya evaluasi, untuk mewujudkan tatanan Pemerintah Jember baru Jember bersatu, penjabaran visi, misi, tujuan agar mencapai target. Diharapkan bentuk yang kongkrit, optimisme yang ada menunjang keberhasilan.

Fraksi kebangkitan bangsa menyampaikan agar tetap tegar maju membela yang benar, gotong royong terus digalakkan, bahu membahu menuju kesuksesan bersama, visi misi harus disikapi dengan bijak, membutuhkan kebijakan yang terukur dan realistis, kerja keras, cerdas dan terukur. Membebaskan biaya pendidikan sangat diapresiasi, perlu mendapatkan penjelasan pendidikan gratis selalu didengungkan, mohon dijelaskan antara lain detail anatomi untuk Jember. Siapa yg akan disubsidi oleh pemerintah, perlu diprtimbangkan, apakah seluruh siswa miskin atau seluruh siswa tanpa memandang ekonomi yang mendapat pendidikan gratis. Penurunan angka kemisikinan perlu dicermati lagi.

Fraksi Partai Golkar menyampaikan, siap mendukung suksesnya RPJMD 2016 – 2021 dengan ditempuh 3 misi Jember baru Jember bersatu, dalam pelaksanaannya perlu kerja keras, butuh dana yang tidak sedikit. Untuk itu mari kita kerja keras dan berdoa bisa terlaksana dengan baik.

Fraksi Hanura Demokrat (harkat), RPJMD adalah aplikasi dari program-program kerja, memberikan pertimbangan yang tidak menghakimi. Sangat menjujung tinggi arti demokrasi, sebagai amal yang baik mewujudkan cita-cita bersama, bidang pendidikan program sekolah gratis yang dipertanyakan aplikasi visi misi dengan pendidikan gratis belum tersentuh bagi RPJMD. Peningktan mutu dan kualitas pengajar kiranya meningkatkan kualitas pendidikan. Program kerja yang matang, lembaga swadaya masyarakat harus ada kesadaran tinggi, banyak sekolah yang menjalankan pungli dengan gaya daftar ulang dan beli buku itu perlu ditegasi.

Fraksi gabungan, amanat pembangunan RPJMD merupakan penyebaran visi misi, membangun tatanan masyarakat. Sektor pembangunan masih jauh dari harapan, berharap pemerintah daerah meningkatkan sistem pembangunan daerah. Prihatin dengan meningkatnya kekerasan anak di Indonesia. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Mayoritas Fraksi Dukung RPJMD"