Memakai Batik Itu Kebanggaan

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief menyatakan kini memakai batik merupakan suatu kebanggaan.

Hal itu disampaikan Wabup saat pembukaan lomba desain Fashion Muslimah di Hotel Aston, Sabtu (18/2/2017), yang diselenggarakan oleh Batik Rolla Jember.

“Dulu memakai batik identik dengan kuno. Sekarang tidak lagi. Memakai batik itu kebanggaan,” ujarnya.

Terjadinya perubahan tersebut merupakan salah satu hasil kiprah para pegiat batik, yang menggelar berbagai kegiatan seperti lomba desain fasyen.

Lebih jauh Wabup menjelaskan, Jember sebagai sentra batik tidak kalah dengan daerah lain. Memiliki motif tersendiri dan kualitas yang bagus, hingga disukai banyak kalangan.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember Hj. Maimunah Muqit menjelaskan adanya manfaat yang didapatkan dari aktifitas Batik Rolla, yang memberdayakan penjahit dan desainer Jember.

“Cantiknya dapat, ekonomi dapat, pemberdayaan juga dapat,” jelas Hj. Maimunah Muqit soal manfaat dari kegiatan yang telah dilaksanakan Batik Rolla.

Pemberdayaan perempuan, lanjutnya, akan membuat perempuan mandiri secara ekonomi. Selain itu perempuan akan mandiri secara emosional.

Ketua Panitia Lomba Desain Fashion Muslimah, Irene Hairini Megawati menyampaikan lomba desain ini ingin melihat potensi desainer muda yang ada di Kabupaten Jember.

“Bagaimana kita mengetahui bakat-bakat orang Jember. Kalau bakat orang Jember sudah diketahui, (selanjutnya) bagaimana kita berkompetisi dengan daerah lain,” ungkapnya.

Agar batik bisa diterima oleh kalangan muda, pihaknya akan mengikuti trend yang berkembang di kamu muda. (Izzah/*f2)

No Response

Leave a reply "Memakai Batik Itu Kebanggaan"