Mendunia Berkat Julukan Kota Festival Cantik

799 views

JFC-2Jember Kita. Permainanan tradisional sempat mengalami masa kejayaan di Indonesia kendati saat ini mulai terpinggirkan akibat perkembangan teknologi, namun demikian masih ada saja kelompok masyarakat peduli terhadap permainan ini dan berusaha untuk mempopulerkan kembali permainan tersebut. Tengoklah Kecamatan Ledokombo, salah satu kecamatan di wilayah utara Kabupaten Jember, kini dikenal publik sebagai tempat pengembangan permainan tradisional egrang.

Di Kecamatan Ledokombo sendiri bahkan setiap tahun diadakan kegiatan festival egrang, yang tahun 2014 ini festival tersebut sudah memasuki tahun kelima. Iktikad baik untuk mengembalikan pengembalikan keberadaan permainan tradisional sebagai jatidiri bangsa ini, mendapat acungan jempol dari Ayu Sutarto, budayawan nasional asal Jember.

Dosen fakultas sastra Universitas Jember tersebut merasa prihatin melihat kecenderungan permainan tradisional mulai terpinggirkan. Langkah Universitas Jember mengadakan lomba permainan tradisional untuk kalangan pelajar merupakan angin segar menggairahkan hal-hal bersifat tradisional, karena itu warisan budaya bangsa yang ada perlu perdikenalkan kembali kepada masyarakat luas.

No Response

Comments are closed.