Jember Kota Pandhalungan

Menggagas Pusat Kesehatan Hewan ( Puskeswan)

Jember termasuk gudang ternak terbesar di Jawa Timur

12321387_934607423261814_936625068765338257_n“Kini saatnya menggagas Pusat Kesehatan Hewan ( Puskeswan)” Masyarakat Jember saat ini sangat membutuhkan Puskewan. Dimana, dalam Permentan No 64/2009, wilayah Puskeswan bisa meliputi 1-3 Kecamatan dengan populasi ternak besar sebanyak 20.000 hewan. Hal ini diungkapkan oleh Ka. Disperikel, Ir. Mahfud Efendi, saat mendampangi Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jember bersama Bupati Jember, dr Hj. Faida MMR, 6/04, di lobby Bupati Jember.

Dikatakan oleh Ka. Disperikel, Ir. Mahfud Efendi, bahwa populasi ternak besar di Kabupaten Jember mencapai 243.390 hewan yang seharusnya memiliki 12-13 Puskeswan. Sementara itu, lanjutnya, Kabupaten Jember hanya mempunyai 1 Puskeswan, yaitu di Kecamatan Ambulu. Sedangkan 2 lainnya masih menumpang di RPH Kecamatan Rambipuji dan Sukowono.

Puskeswan ini, lanjutnya, mempunyai fungsi untuk mencegah penyebaran wabah atau virus hewan, termasuk melakukan pelaporan secara berkala terhadap penyakit yang saat ini menyebar.

Sementara itu, Bupati Jember, dr. Faida MMR, hanya meminta agar semua ini direncanakan sesuai dengan apa yang diharapkan peternak yang ada di lapangan sehingga nantinya pembangunan Pusat Kesehatan Hewan (PUSKESWAN) tidak sia-sia atau tidak sesuai dengan keinginan peternak. Termasuk juga, lanjutnya, analisa aturan yang berlaku.

“Saya ingin apa yang di ajukan itu direncanakan dengan baik, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat peternak. Artinya, sekali kita membangun itu bisa optimal, tidak sia-sia”, tegasnya.

Bupati Faida mengungatkan bahwa sejatinya pembangunan di Jember ini adalah memprioritaskan Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, dengan program 1 desa 1 dosen ini bisa ditindaklanjuti oleh Dinas Peternakan dan Kelautan (Disperikel) Jember untuk melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Jember.

Diharapkan dengan adanya Puskeswan ini bisa membantu masyarakat peternak untuk meningkatkan populasi hewan ternak di Kabupaten Jember, mengingat Kabupaten Jember merupakan Lumbung Daging di wilayah Jawa tImur.

No Response

Leave a reply "Menggagas Pusat Kesehatan Hewan ( Puskeswan)"