Jember Kota Pandhalungan

Mensos Sampaikan Beragam Bantuan Untuk Lansia, Dhuafa dan Difabel

Menteri Sosial RI, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, hari ini sabtu 28/05/2016, melakukan serangkaian kegiatan kunjungan kerja di Kabupaten Jember, setelah menghadiri dan menyerahkan akta istbat nikah massal di masjid Cheng Ho, kunjungan Mensos kali ini terkait dengan perhatian Mensos terhadap Lansia yang ada di Kabupaten Jember, dimana kegiatan tersebut dikemas dalam kegiatan peringatan hari lansia nasional ke-20 tahun 2016 dan memberikan bantuan secara langsung kepada lansia, peyandang difabel, penyerahan sertifikat rumah untuk keluarga kurang mampu, dan sejumlah bantuan lainnya.

Bekerja sama dengan Pemkab Jember, Kemensos RI sangat getol untuk mengurus terkait dengan program bantuan sosial kemasyarakatan, hal ini terlihat bahwa Mensos untuk Kali ke dua datang langsung untuk memberikan bantuan-bantuan tersebut, selain itu Pemkab Jember juga sangat terlihat antusias untuk menyambut dan merealisasikan hal tersebut. Tidak hanya Pemkab Jember yang terlihat antusias dalam menjalankan program dari Kemensos, namun juga masyarakat Jember juga demikian. Nampak terlihat dengan banyaknya relawan yang membantu untuk mendata, mendaftarkan dan mengantar secara langsung para warga yang berhak ke Pemkab Jember melalui Dinas Sosial.

Kegiatan tersebut oleh Pemkab Jember melalui Dinas Sosial, dikemas dalam acara Senam bersama 2000 Lansia. Juga Dalam rangka memperingati hari lansia yang jatuh pada besok, Minggu 21/06/2016.

Sementara itu hadir pula seluruh, Jajaran kepala SKPD se-Kabupaten Jember, Forkompimda Kabupaten Jember, yang turut mendampingi dan menyaksikan pemberian bantuan kepada warga masyarakat Jember yang Sudah terdata dan berhak mendapatkannya.

Bantuan tersebut yang diberikan kepada 935 orang diantaranya bantuan sembako 500 paket untuk lansia dengan 435 paket untuk disabilitas, jenis bantuan lainnya berupa alat bantu kruk bagi disabilitas sebanyak 66 orang, bantuan kursi roda ke 66 orang, bantuan hearing audio bagi disabilitas, 137 untuk kaki dan tangan palsu, 80 untuk bantuan tongkat netra.
Tidak hanya itu bantuan juga di berikan kepada penerima bantuan sertifikat hak guna dalam program rumah untuk dhuafa dari REI Komisariat Jember sejumlah 20 orang.

“Semoga dengan adanya bantuan ini dapat bermanfaat bagi kaum disabilitas dan saya mendapat kabar bahwa di Jember ada tambahan bantuan untuk lansia dan disabilitas yang masuk PKH sebesar 23 ribu orang, semoga warga masyarakat Jember semakin sejahtera,” Tutur Mensos RI dalam sambutannya.

Sementara itu Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR dalam sambutannya menyampaikan terkait dengan program Pemerintah Kabupaten Jember yaitu Model Reforma Agraria Perkotaan, dalam rangka upaya menutup rantai kemiskinan terstruktural yang ada di Kabupaten Jember.

Yang pertama penutupan rantai kemiskinan terstruktural di Kabupaten Jember, kedua pemberdayaan masyarakat miskin, ketiga kepemilikan sertifikat normal, keempat memberikan akses terhadap masyarakat miskin terhadap modal kerja, kelima mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jember, Keenam mengurangi kerawanan sosial.

“Program ini untuk menunjang pembangunan Jember dari pinggiran, memutus Mata rantai kemiskinan di Jember,” Lanjut Bupati Faida.

Ruang lingkup program ini diantaranya pengurusan sertifikat tanah gratis bagi masyarakat miskin. Pendampingan usaha bagi masyarakat miskin supaya dapat memiliki akses terhadap modal dan pemanfaatannya. Memberikan fasilitas perbankan untuk dapat membangun usaha kecil dan menengah. (Zikin, Mutia)

No Response

Leave a reply "Mensos Sampaikan Beragam Bantuan Untuk Lansia, Dhuafa dan Difabel"