Jember Kota Pandhalungan

Mensos Serahkan Ratusan Akta Itsbat Nikah Di Masjid Cheng Ho

Itsbat nikah massal di Kabupaten Jember kembali digelar, kali ini pengurus dan ta’mir masjid Cheng Ho Kaliwates bersama PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) yang menginisiasi kegiatan tersebut, segingga kegiatan ini sangat terasa spesial, selain peserta itsbat yg cukup banyak, kegiatan ini juga dihadiri oleh Menteri Sosial RI, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, siang tadi, sabtu 28/05/2016.

Perlu diketahui bahwa Peserta itsbat nikah massal kali ini sejumlah 107 pasangan, dan dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan buku akte nikah secara simbolis untuk 10 pasangan, oleh Menteri Sosial RI.

Seperti yang disampaikan oleh ketua yayasan masjid Cheng Ho, Bapak H Muhamamad Law Song Tjai, bahwa itsbat nikah massal ini diikuti oleh 107 pasangan, dan dimohonkan kepada Menteri Sosial untuk menyampaikan buku akte nikah secara simbolis untuk menyerahkannya.

Dalam kesempatan ini suasana nampak semangat dan sangat antusias, semangat nasionalisme yang sangat kental dan terasa, dimana saat Bapak Yos Sutomo Sudarso selaku pembina dari masjid memulai sambutannya, meminta untuk semua orang yang hadir untuk berdiri dan meneriakkan kalimat yg disampaikan oleh Bapak Yos Sutomo yaitu “aku bangsa Indonesia, aku bangga Indonesia, aku cinta Indonesia, merdeka merdeka merdeka”, sontak kalimat tersebut langsung diikuti oleh semua peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Selain Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, Nampak pula hadir Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR dan jajaran Forkopimda Kabupaten Jember.

Bupati Faida dalam sambutannya menyampaikan harapannya supaya masjid Cheng ho benar-benar dapat menjadi salah satu destinasi wisata edukasi dan religi yang ada di Jember, dengan berbagai aktivitas keislaman yang dapat diselenggarakan.

“Pemkab Jember akan membantu pengelolaan masjid Cheng Ho dan bersama takmir masjid Cheng Ho untuk mewujudkan sebagai tempat wisata religi unggulan di Kabupaten Jember,” Tegas Bupati Faida.

Di sisi lain Mensos juga menyampaikan dalam sambutannya, menegaskan bahwa, pentingnya itsbat nikah ini menjadi suatu yang penting, sebagai pintu masuk upaya perlindungan sosial masyarakat, kartu keluarga sangat penting sebagai akses untuk Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat. Kartu Keluarga juga sangat penting untuk pengurusan Akte Kelahiran anak, anak bisa menempuh pendidikan gratis di sekolah negeri jika punya akte kelahiran, punya akte kelahiran harus punya Kartu Keluarga.

Mensos tak lupa menyampaikan terimakasih kepada pantia penyelenggara yaitu pengurus masjid Cheng Ho dan PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) yang menginisiasi kegiatan tersebut, dengan kegiatan ini juga sebagai pembuka pintu masuk dari berbagai program perlindungan sosial yang disiapkan oleh Pemerintah. (Mutia, Zikin).

No Response

Leave a reply "Mensos Serahkan Ratusan Akta Itsbat Nikah Di Masjid Cheng Ho"