Jember Kota Pandhalungan

Misi Budaya Silaturahim Nasional, 2017 Dihelat di Jember

Pagelaran ketoprak humor yang dihelat oleh Himpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI) di Balai Budaya Surabaya, Jum’at (25/11/2016) malam, merupakan misi budaya para tokoh.

“Misi budaya, yang sebenarnya adalah misi silaturahim nasioanl para tokoh,” ungkap Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., usai pementasan menjawab pertanyan sejumlah wartawan.

Bupati Faida juga menjelaskan, silaturahim tidak hanya bagi para tokoh yang bermain ketoprak. Menurutnya, para penonton juga ikut silaturahim. “Karena penontonnya juga datang dari seantero nusantara,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskannya, misi persatuan bisa dikembangkan melalui seni budaya. Selain memiliki misi persatuan, para tokoh yang terlibat permainan termasuk telah ikut andil dalam melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya.

“Ikut mengembangkan dan melestarikan seni budaya, termasuk sejarah perjuangan kerajaan kerajaan yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Bupati Faida menjelaskan, lakon Menyatukan Kembali Nusantara dalam ketoprak humor yang dia bawakan terdiri dari tiga bagian. Pertama tentang Kerajaan Mataram, kedua tentang peperangan Sriwijaya dengan Kerajaan Medang.

“Ketiga baru Kerajaan Medang, dimana saya ikut berperan disana sebagai Ananta Dewi, permaisuri dari Prabu Erlangga,” jelasnya.

Terkait persiapan pementasan, Bupati Faida mengaku baru mengetahui semua alur cerita pada beberapa jam sebelum pementasan. Hal itu juga dirasakan oleh pemain yang lainnya. Sebab, saat latihan, beberapa pemain tidak bisa hadir.

“Semua pemain, (saat latihan) main dengan kelompoknya sendiri-sendiri. Bahkan saya dengan Prabu Erlangga yaitu Rektor Unair baru ketemu hari ini di general petisi. Kemarin (saat latihan, red) kita hanya main satu kali dan masing-masing membaca teksnya sendiri, dan kita tahu alur secara lengkap baru pada general petisi hari ini,” tuturnya.

Pada tahun 2017 pagelaran seni budaya serupa akan digelar di Kabupaten Jember. Selain bercerita tentang sejarah kerajaan, direncanakan akan ada kisah sejarah yang terkait dengan Kabupaten Jember.

“Ditambah dengan satu sekuel sejarah tentang Jember. Dan sejarah Jember ini kita tugaskan pada teman-teman budayawan di Jember. Kita mengajak Dewan Kesenian Jember (DKJ) untuk mengambil peran menyiapkan,” tuturnya. (*F2)

#KetoprakHumor

No Response

Leave a reply "Misi Budaya Silaturahim Nasional, 2017 Dihelat di Jember"