Jember Kota Pandhalungan

Monumen WTN untuk Inspirasi Ramah Berlalulintas

Monumen Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori Lalulintas di depan Masjid Al Huda jalan Gajahmada, Kecamatan Kaliwates diresmikan oleh Wakil Bupati Drs. KH. Abdul Muqit Arief, Rabu (23/11/2016). Monumen ini diharapkan menjadi inspirasi ramah berlalulintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember Isman Sutomo SH., MSi., mengatakan keberhasilan mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori Lalulintas tidak semudah membalik telapak tangan.

Ada tahapan yang harus dilalui. Mulai dari seleksi pemberkasan admisnistrasi di tingkat provinsi dan tingkat pusat. Kemudian melakukan pemaparan dan dilanjutkan survei oleh tim juri.

Dijelaskannya, penghargaan tersebut merupakan pertama sejak 23 tahun mengikuti lomba WTN. “Jadi, untuk Kabupaten Jember selama 23 tahun mengikuti lomba WTN tidak pernah mendapatkan,” jelas Isman Sutomo.

Ia berharap monumen WTN itu menjadi pembelajaran bagi masyarakat. Sekaligus sebagai kenang-kenangan dari Pemerintah Kabupaten kepada masyarakat tentang berlalulintas yang baik. Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu meraih penghargaan itu.

Sementara itu, Wakil Bupati jember KH Abdul Muqit Arief mengharapkan monumen tersebut bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk berlalulintas yang baik. Serta dorongan agar tidak lelah untuk mengajak berlalulintas yang baik.

Disampaikan Wabup, berbagai upaya telah dilakukan dinas perhubungan, kepolisian, dan berbagai pihak untuk disiplin berlalulintas. Namun, masih ada ketidakpatuhan terhadap peraturan lalulintas yang ada.

Masih adanya pelanggaran itu, kata wabup, menunjukkan perlunya upaya tak kenal lelah untuk menanamkan sikap disiplin berlalulintas.

Penanaman disiplin berlalulintas juga penting diberikan kepada pelajar. “Karena pada saatnya nanti mereka diharapkan menjadi contoh berlalulintas yang baik,” tutur Wabup.

Wabup juga mengingatkan bahwa upaya menanamkan kedisiplinan harus dimulai dari diri sendiri. “Karena bukti nyata, contoh yang riil itu jauh lebih penting daripada nasehat-nasehat atau peringatan-peringatan yang kita berikan kepada orang lain,” tuturnya.

Sinergisitas berbagai pihak dalam meraih penghargaan tersebut diharapkan berlanjut pada masa datang. “Harus dilanjutkan untuk menciptakan Jember menjadi kota yang ramah dalam bidang lalulintas,” ucapnya. (*F2, Izza)

No Response

Leave a reply "Monumen WTN untuk Inspirasi Ramah Berlalulintas"